Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 11:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Berbicara bangunan tentu harus memiliki fondasi yang kuat agar bisa berdiri kokoh. Ada macam-macam fondasi yang bisa dipelajari. Apa saja itu?

Dilansir dari laman Repositori Kemendikbud Ristek, berikut dijelaskan macam-macam fondasi dari sebuah konstruksi bangunan.

Konstruksi fondasi ini merupakan bagian dari konstruksi bangunan gedung dan sangat penting karena sangat menentukan kekokohan suatu bangunan.

Pengetahuan dasar mengenai konstruksi fondasi akan sangat membantu dalam penggambaran konstruksi fondasi atau bagaimana melaksanakan praktik pembuatan fondasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar 5 Jenis Jembatan

Ini karena fondasi merupakan elemen bangunan yang sangat penting digunakan sebagai landasan dari bangunan di atasnya dan menjamin mantapnya kedudukan bangunan.

Fondasi tidak boleh sama sekali mengalami perubahan kedudukan atau bergerak, dalam arti bergerak secara mendatar ataupun tegak.

Untuk merencanakan suatu fondasi yang kuat, maka harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Konstruksi harus kuat dan kokoh untuk mendukung bangunan di atasnya.
  2. Berat sendiri bangunan termasuk berat fondasinya.
  3. Beban berguna
  4. Bahan yang dipakai untuk konstruksi fondasi harus tahan lama dan tidak mudah hancur, sehingga diharapkan bila terjadi kehancuran bukan karena fondasinya yang tidak kuat.
  5. Hindarkan pengaruh dari luar, misalnya kondisi dari air tanah maupun cuaca baik panas maupun dingin.
  6. Fondasi harus terletak pada dasar tanah yang keras, sehingga kedudukan fondasi tidak mudah bergerak baik ke samping, ke bawah maupun terguling.
  7. Fondasi yang menerima beban berbeda harus dibuat terpisah.

Macam-macam fondasi

Adapun pada garis besarnya fondasi dapat dibagi menjadi 2 jenis:

1. Fondasi langsung yaitu apabila fondasi tersebut langsung di atas tanah keras.

2. Fondasi tidak langsung yaitu apabila fondasi tersebut terletak di atas suatu rangkaian yang menghubungkan dengan lapisan tanah keras.

Baca juga: Mahasiswa Itera Juara Desain Jembatan Bambu Tingkat Internasional

Fondasi langsung digunakan apabila tanah keras bagian dalam mencapai kedalaman kurang lebih 1 meter. Ini tidak lain karena daya dukung pada dasar tanah dasar pada umumnya lebih kecil dari daya dukung pasangan badan fondasi.

Untuk memperkecil beban per-satuan luas pada tanah dasar, lebar fondasi dibuat lebih lebar dari pada tebal dinding tembok di atasnya.

Selain itu, untuk lebih menghemat, bentuk fondasi dibuat dalam bentuk trapesium. Di samping itu untuk memenuhi persyaratan agar tidak terpengaruh cuaca sebaiknya kedalaman fondasi dari permukaan tanah lebih kurang 80 cm.

Fondasi pasang batu kali

Fondasi yang bahannya dari batu kali sangat cocok, karena jika batu kali ditanam dalam tanah kualitasnya tidak berubah. Dan pada umumnya bentuk fondasi batu kali dibuat trapesium dengan lebar bagian atas paling sedikit 25 cm.

Dibuat selebar 25 cm, karena bila disamakan dengan lebar dinding dikhawatirkan dalam pelaksanaan pemasangan fondasi tidak tepat dan akan sangat memengaruhi kedudukan dinding pada fondasi sehingga dapat dikatakan fondasi tidak sesuai lagi dengan fungsinya.

Baca juga: 5 Manfaat Ikut Kelas Industri bagi Siswa SMK

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com