Kompas.com - 18/11/2022, 11:22 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, mencari pekerjaan tidak mudah. Selain harus bersaing dengan sudah berpengalaman, banyak pula lulusan baru (fresh graduate) yang juga sedang cari lowongan kerja.

Terlebih bagi para fresh graduate tentu harus punya cara agar bisa diterima bekerja. Apalagi yang tidak punya kenalan "orang dalam".

Selain menyiapkan curriculum vitae (CV) yang baik, kamu juga bisa memanfaatkan LinkedIn. Tentu agar peluang kamu diterima lebih besar.

Dengan 5 jurus LinkedIn ini, kamu bisa mengoptimalkan dan membuat profil kamu lebih menonjol dari kandidat lain tanpa bantuan "orang dalam".

Baca juga: Banyak Lowongan Kerja Astra UD Trucks bagi Lulusan SMK dan D3

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/11/2022), Vazrina Putri selaku Digital PR Executive RevoU, menjelaskan ada 5 cara diterima kerja tanpa bantuan "orang dalam" via LinkedIn.

5 cara diterima kerja

1. Headline sesuai posisi yang dilamar

Cara pertama ialah sesuaikan isi headline dengan posisi yang dilamar. Hindari menggunakan kutipan motivasi atau hal personal, fokus pada posisi karir atau keahlian sekarang.

Tujuannya adalah agar rekruter bisa mengetahui keahlian kamu secara singkat dan cepat. Contoh:

Headline (sebelum):

  • You only live once! Better fake it til you make it

Headline (sesudah):

  • KOL (Key Opinion Leader) Specialist | Digital Marketing Enthusiast

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

2. Skill relevan dengan posisi yang dilamar

Dalam profil LinkedIn, pastikan skill atau keahlian relevan dengan headline yang ditulis. Perbedaan keahlian dengan headline yang ditulis di profil, mengakibatkan kebingungan untuk rekruter saat membaca profil kita.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.