Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar 4 Formula Copywriting, Cara agar Bisnis Banjir Cuan

Kompas.com - 29/11/2022, 07:38 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Copywriting merupakan teknik untuk menghasilkan tulisan dengan tujuan mendapatkan respons positif dari khalayak ramai, khususnya dalam bisnis online.

Copywriting sendiri bermanfaat membangun brand awareness. Dengan adanya copy yang menarik, masyarakat semakin memperhatikan kehadiran produk yang dipromosikan.

Merilis laman resmi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), copywriting menjadi sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam melakukan penulisan narasi iklan maupun copy.

Hal senada juga dituliskan oleh The Balance Small Business, copywriting merupakan kegiatan penulisan iklan berupa promosi penjualan dan penjelasan singkat (brief) untuk produk, layanan, maupun kegiatan pemasaran (campaign) lainnya.

Tujuan dari copywriting sendiri yakni mendorong leads atau sekumpulan orang yang berminat pada sebuat produk atau jasa. Apabila copywriting tersebut menarik, akan lebih memikat calon pelanggan.

Baca juga: Uang Saku di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S3 Ini

Dengan demikian, kemungkinan besar mereka akan melakukan kegiatan transaksi berupa pembelian produk maupun jasa yang kamu jual, melakukan login, berlangganan (subscription), views, klik, tombol, dan aktivitas lainnya.

Agar tujuan copywriting ini bisa dirasakan secara langsung oleh calon pelanggan, maka perlu adanya formula copywriting yang tepat, sehingga pelanggan terpikat dengan produk yang ditawarkan.

Dengan mengaplikasikan formula copywriting yang tepat sasaran, besar kemungkinan bisnis yang dijalankan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Berikut empat formula copywriting agar bisnis yang kamu jalankan banjir cuan.

Baca juga: 11 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Tambah Uang Saku hingga Pengalaman

1. Formula 4U

Formula 4U’s copywriting ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang business coach and entrepreneur bernama Michael Masterson. Formula ini terdiri dari Useful, Unique, Urgent, dan Ultra-specific. Dalam bahasa Indonesia, formula 4U diartikan membuat copy yang memiliki isi informasi berguna, unik, penting, dan sangat spesifik.

Biasanya teknik 4U dipakai dalam penulisan konten artikel dalam blog atau website ketika membuat judul (headline) yang menarik (engaging).

Tidak hanya konten blog, 4U juga bisa diaplikasikan untuk membuat headline iklan, copy notifikasi aplikasi, email marketing yang memberikan kesan kuat bagi para pengguna (users), pengunjung (visitors), orang yang tertarik pada layanan bisnis (leads), maupun pelanggan (subscribers). Berikut penjelasan dari bagian Formula 4U’s:

Baca juga: Mahasiswa UGM Buat Alat Peniris dan Penjernih Minyak Jelantah

a. Useful

Copy yang dibuat haruslah mengandung jawaban atas keresahan yang dialami pembaca maupun calon konsumen ketika mereka sedang mencari kata kunci tertentu di mesin pencari.

Sebagai contoh, audiens sedang membutuhkan informasi soal beasiswa kuliah untuk jenjang S1, maka kamu dapat menuliskan headline seperti ini “Pengen Bebas UKT? Serbu Langsung Pilihan Beasiswa Berikut untuk Jenjang S1!”

Dalam komponen useful, kamu bisa menjelaskan jenis beasiswa yang tersedia untuk jenjang S1, termasuk fasilitas dan manfaat dari beasiswa tersebut, sehingga informasinya semakin lengkap.

Dengan useful, konten tulisan kamu semakin menjawab rasa penasaran pembaca atas keluhan yang sedang mereka cari.

b. Unique

Unik sangat penting dalam pembuatan copy terutama formula 4U karena konten yang kamu buat mampu menggugah audiens untuk mau meng-klik konten kamu dan membacanya sampai selesai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com