Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2023, 13:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di era yang serba digital ini, peralatan menjadi semakin canggih. Apalagi adanya gawai atau ponsel pintar yang bisa digunakan untuk apa saja.

Selain berkomunikasi, ponsel pintar juga dapat digunakan untuk menghimpun informasi, dokumentasi, transaksi, transportasi, sampai dengan kebutuhan rekreasi dan lain-lain.

Maka tak heran jika penggunaan gawai menjadi sangat sering oleh masyarakat, tak terkecuali anak dan usia remaja.

Tetapi, penggunaan gawai yang terlalu lama dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome? Computer Vision Syndrome adalah gejala kelelahan pada mata.

Baca juga: Dokter UGM: Ini Gejala Mata Juling

Hal tersebut disebabkan karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus-menerus. Efeknya akan terjadi kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (3/2/2023), gejala yang dialami oleh penderita Computer Vision Syndrome antara lain seperti mata buram, nyeri kepala, iritasi mata, penglihatan menjadi ganda, serta mata merah dan kering.

Efek tersebut hanya terjadi sesaat, namun akan menjadi berbahaya jika terus dibiarkan. Karena itu dibutuhkan tips menjaga kesehatan mata di era digital.

Tips menjaga kesehatan mata di era digital

1. Jaga jarak pandang

Pada saat menggunakan gawai, pastikan kamu tetap menjaga jarak pandang yang aman yakni sekitar 40–50 centimeter dari layar.

Dengan menjauhkan mata dari layar gawai, maka paparan cahaya yang diterima mata dari layar gawai dapat berkurang.

Baca juga: Buah dan Sayur untuk Kesehatan Mata

2. Kurangi kecerahan layar

Adapun tips menjaga kesehatan mata di era digital lainnya ialah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan.

Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar gawai atau ponsel pintar.

3. Terapkan rumus 20-20-20

Siswa SMP apakah pernah mengenal rumus 20-20-20 atau Rule of Twenty? Rule of Twenty menerapkan istirahat untuk mata selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit.

Caranya dengan melihat benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari posisi mata siswa.

4. Relaksasi mata

Selain itu, untuk mengurangi beban kerja mata, kamu juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan.

Lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

5. Harus bisa membatasi waktu

Jadi meski sudah melakukan hal-hal di atas, tetapi jika kamu bermain gawai cukup lama, maka hal itu juga sama saja tidak ada artinya.

Maka dari itu, durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Ners Unair

Jadi itulah tips menjaga kesehatan mata di era digital yang bisa dilakukan oleh siswa, anak atau remaja agar mata tetap sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com