Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melatih Anak Aktif Bergerak Berikut Manfaatnya

Kompas.com - 14/12/2021, 14:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Anak-anak memiliki dunia sendiri. Terlebih ketika bermain, anak tidak mau diganggu. Apalagi anak usia dini yang aktif bergerak tentu itu bukan menjadi masalah.

Masalah akan timbul jika anak tak suka bergerak dan lebih suka bermain gawai atau ponsel pintar. Maka, orangtua harus memperhatikan anaknya dengan baik.

Jadi, sebaiknya orangtua tetap mengajarkan anaknya untuk terus aktif bergerak. Sebab, aktif atau banyak bergerak bagi anak usia dini itu justru membuat anak menjadi lebih sehat.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Karena itu, anak yang aktif bergerak harus dibiarkan. Namun, orang tua tetap harus menjaga dan mengawasinya dengan baik. Bahkan orang tua juga aktif untuk ikut bergerak.

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kemendikbud Ristek, berikut ini manfaat aktif bergerak bagi anak usia dini.

Manfaat aktif bergerak bagi anak

1. Metabolisme tubuh akan lebih baik

Anak-anak jika aktif bergerak, maka tubuh anak akan lebih lancar menyerap nutrisi hingga otot dan tulang kuat, pencernaan lebih lancar hingga anak tidak sembelit.

2. Nafsu makan anak meningkat

Karena energi yang keluar itu, maka harus digantikan dengan asupan energi juga. Anak-anak akan lebih lahap makan karena membutuhkan asupan energi.

3. Tidur malam yang lelap

Anak-anak yang aktif bergerak pada pagi hingga sore hari, maka jika tidur malam akan lelap. Hormon pertumbuhan yang aktif pada saat seperti ini akan lebih lancar terbentuk.

Baca juga: Ini 5 Tips Mendidik Anak agar Tak Mudah Menyerah

4. Melatih kemampuan bersosialisasi anak

Anak-anak yang terbiasa bergerak aktif di luar ruangan akan bertemu dengan banyak orang. Di situ, anak-anak bisa belajar bersosialisasi dengan segala kalangan, mulai dari teman sebaya hingga orang dewasa.

5. Daya tahan tubuh lebih kuat

Otot dan tulang anak akan berkembang lebih kuat saat anak aktif bergerak. Apalagi jika anak bergerak aktif ketika pagi hari, karena bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com