Kompas.com - 16/08/2018, 19:40 WIB
Perayaan HUT RI ke-73 di Sekolah HighScope Indonesia (SHI), Jakarta (16/8/2018) Dok. SHIPerayaan HUT RI ke-73 di Sekolah HighScope Indonesia (SHI), Jakarta (16/8/2018)

KOMPAS.com - Sosok presiden pertama RI, Soekarno, seolah kembali hadir di tengah-tengah peserta upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-73 di Sekolah HighScope Indonesia (SHI), TB Simatupang, Jakarta (16/8/2018).

Teguh Boediyana, pemeran tokoh Soekarno dalam upacara bendera, kemudian mengajak seluruh siswa meneriakan pekik "Merdeka!". Sontak pekik "Merdeka!" membahana saling bersahutan di SHI yang selama ini dikenal berasal dari Amerika Serikat. 

"Kehadiran Teguh Boediyana yang berperan sebagai presiden pertama RI dan memimpin upacara adalah salah satu bentuk pendekatan kami agar anak-anak tertarik mengikuti upacara bendera," jelas Hani Amalia, Principal Elementary and Middle School kepada Kompas.com.

Hani menambahkan, ada dua hal disampaikan Teguh dalam upacara tersebut; pertama mengajak anak untuk berani menggantungkan cita-cita setinggi langit dan kedua, mengingatkan siswa untuk selalu menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa.

1. Terintegrasi kurikulum dan pembelajaran

Sekolah berstandar global bukan berarti meninggalkan karakter dan budaya Indonesia. "Tema peringatan kemerdekaan RI tahun ini di HighScope adalah Menumbuhkan Kebanggaan dan Kecintaan Indonesia," jelas Hani.

Bangga dan cinta Indonesia ini, tambah Hani, tidak hanya dilakukan pada perayaan hari kemerdekaan saja. Penanaman nilai ini juga telah terintegrasi dalam kurikulum di SHI, baik melalui subyek mata pelajaran maupun kegiatan tahunan yang rutin diadakan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ada Penjual Milo Hulk dan Fotografer Cantik di Sekolah HighScope

"Rasa cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia dijalankan dalam subyek social studies, peringatan hari-hari nasional seperti Hari Sumpah Pemuda, Hari Kartini dan juga keseharian di sekolah kami," tambah Hani.

Misal, pada saat transisi pelajaran SHI selalu memutarkan lagu-lagu perjuangan. Di area selasar kelas juga banyak dipasang berbagai kutipan cinta tanah tanah air. "Semua bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga siswa HighScope sebagai bagian dari bangsa Indonesia," kata Hani.

2. Sejalan dengan nilai pendidikan SHI

Perayaan HUT RI ke-73 di Sekolah HighScope Indonesia (SHI), Jakarta (16/8/2018)Dok. SHI Perayaan HUT RI ke-73 di Sekolah HighScope Indonesia (SHI), Jakarta (16/8/2018)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X