5 Kursus "Kekinian" untuk Tingkatkan Karier di Era Digital

Kompas.com - 12/02/2020, 18:18 WIB
Ilustrasi laptop dan ponsel. Ilustrasi laptop dan ponsel.

KOMPAS.com - Pengetahuan tak hanya bisa didapat di bangku sekolah atau kuliah. Ada banyak lembaga kursus yang kini menawarkan keahlian yang mungkin tak bisa kamu dapatkan di jurusan yang kini sedang dijalani.

Sedangkan bagi kamu yang memang telah mengambil jurusan yang erat kaitannya dengan kebutuhan era Revolusi Industri 4.0, sejumlah kursus digital bisa membimbing kamu mempraktikkan pengetahuan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Di tahun 2020, semakin banyak industri yang mulai meningkatkan kinerjanya atau bahkan profitnya dengan memanfaatkan aspek digital seefektif mungkin. Sehingga, kursus yang berkaitan dengan bidang digital dinilai sangat dibutuhkan.

Baca juga: 7 dari 10 Profesi Paling Bersinar 2022 Butuh Skill dari Jurusan Ini

Menariknya, lapangan kerja di bidang digital umumnya berdasarkan pengalaman kerja dan kemampuan yang bisa dibuktikan.

Sehingga, walau jurusan kamu tidak ada kaitannya dengan teknologi, selama kamu mau belajar dan akhirnya bisa menguasai sejumlah bidang ini, maka peluang karier dapat semakin terbuka lebar.

Berikut sejumlah kursus yang dapat membekali kamu "skill" yang dibutuhkan di dunia kerja era digital, melansir Rencanamu.id

1. Artificial intelligent

Artificial intelligent atau intelegensi artifisial atau biasa disingkat sebagai AI merupakan kecerdasan buatan yang menekankan pengembangan intelijen mesin agar bekerja layaknya manusia dan meringankan pekerjaan manusia itu sendiri.

Di dunia kerja, artificial intelligent ini bisa digunakan untuk pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, pengenalan tulisan tangan, suara bahkan wajah.

Kini, banyak industri sedang gencar-gencarnya melakukan pembelajaran terhadap pekerjaan-pekerjaan baru yang akan muncul, karena hampir sepertiga pekerjaan di ranah industri sudah tergantikan oleh kecerdasan buatan ini.

2. Data analytics

Data analytics merupakan kemampuan untuk menganalisa data untuk mendapatkan suatu kesimpulan dan perencanaan yang akurat, cepat dan efisien.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X