Kompas.com - 28/03/2020, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Walau pelaksanaannya ditunda, namun pelaksanaan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta seleksi mandiri perguruan tinggi lainnya tetap akan dilaksanakan.

Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam jumpa pers secara online di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

"SBMPTN, untuk masuk perguruan tinggi itu kan mau enggak mau harus melakukan karena anak-anak harus masuk perguruan tinggi," kata Nadiem.

Selain pertimbangan kompetensi akademis, kepribadian menjadi salah satu aspek yang baiknya tak luput dari pertimbangan saat kamu memilih jurusan kuliah termasuk saat memilih bidang pekerjaan.

Baca juga: Universitas Terbaik Indonesia Versi QS World University Rankings 2020

"Tentunya, mengetahui kepribadian diri sendiri akan sangat membantu dalam menentukan minat dan bakatmu. Termasuk menemukan jurusan kuliah yang tepat atau bahkan menemukan jenis karier yang sesuai dengan kamu," tulis laman media sosial Sekolahmu.

Memilih jurusan atau pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat akan memberikan banyak keuntungan.

Minat akan membuat kamu senang belajar sehingga lebih mungkin menciptakan karya, inovasi, dan berprestasi. Sedangkan bakat akan menjadi skill kamu untuk melalui tantangan akademis maupun target pekerjaan dengan lebih semangat.

Di masa pembelajaran jarak jauh ini kamu bisa menggunakan sejumlah platform pendidikan yang menyediakan tes kepribadian gratis, salah satunya yang disediakan oleh Sekolahmu.

Baca juga: 25 Jurusan IPB Paling Diminati di SBMPTN dan Daya Tampungnya

Berikut jenis kepribadian dan link untuk mengikuti tes:

ESTP: suka melakukan tindakan spontan
ISTP: memutuskan berdasarkan logika
ISTJ: teliti dalam bekerja
ESTJ: pekerja keras yang dapat diandalkan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.