Kemdikbud: Inilah Warga Pribumi Penemu Fosil di Sangiran

Kompas.com - 11/05/2020, 13:33 WIB
Museum Manusia Purba Sangiran di Jalan Sangiran Km 4 Krikilan, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIMuseum Manusia Purba Sangiran di Jalan Sangiran Km 4 Krikilan, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.
|

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan situs Sangiran. Apa itu situs Sangiran? Situs Sangiran adalah salah satu situs manusia purba yang ada di Indonesia.

Situs ini berada di dua wilayah kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, dengan luas 59,21 kilometer persegi.

Kini, situs tersebut dikelola Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud).

Baca juga: Disdik DKI Jakarta: Pembelajaran Daring Siswa Harus Seperti Ini

Bagi siswa yang saat ini mengikuti pembelajaran daring karena adanya virus corona, maka tak salah jika menambah pengetahuan tentang situs Sangiran.

Penemu sebenarnya

Melansir akun resmi Instagram Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Minggu (10/5/2020), berikut ini dijelaskan mengenai para penemu fosil manusia purba di Indonesia.

Siapakah itu? Ternyata, para pahlawan itu ialah warga pribumi yang jadi penemu yang sebenarnya.

Walau seringkali terlupakan di jurnal arkeologi, anggota tim penggalian asal Indonesia yang tak kenal lelah membantu para peneliti asing telah memainkan peran sangat penting.

Peran penting mereka ialah dalam menemukan fosil-fosil yang kemudian menjadi penemuan sangat penting buat ilmu biologi dan sejarah.

Hingga sebelum kemerdekaan Indonesia, para peneliti asing tidak dapat mengawasi penelitian yang dilakukan di Sangiran.

Mereka membutuhkan sosok-sosok pribumi yang menguasai lapangan, yang pada awalnya untuk menunjukkan lokasi-lokasi potensial temuan fosil.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X