Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi Unpad Bagikan 7 Tips Tetap Bahagia, meski Tak Bisa Mudik

Kompas.com - 24/05/2020, 09:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri tahun ini terasa berbeda dibanding tahun lalu. Kini, arus mudik Lebaran sudah tidak ada lagi semenjak pandemi virus corona atau Covid-19.

Hingga kini, pemerintah juga tetap mengimbau agar masyarakat tidak mudik Lebaran 2020 dengan harapan Covid-19 bisa cepat terputus penyebarannya.

Kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan tersebut menyebabkan kita semua harus tinggal di rumah dan tidak diperkenankan untuk melakukan mudik.

Oleh karena itu, tak jarang banyak mahasiswa yang indekos tidak bisa pulang ke rumah. Bagi yang tinggal di perantauan, akan ada perasaan sedih karena tidak dapat bertemu langsung dengan orangtua maupun orang-orang yang dicintai.

Baca juga: Dosen Psikologi Unpad: Kecemasan Bisa Dikelola Jadi Berkah

Perasaan tersebut normal dirasakan dalam situasi seperti ini. Namun, rasa sedih sebaiknya jangan berkepanjangan, karena ada banyak cara untuk mengatasinya.

Melansir laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad), Jumat (22/5/2020), dua dosen Fakultas Psikologi Unpad sekaligus tim Pusat Konseling Unpad, yaitu Dhini Andriani, M.Psi dan Tiara Ratih Purboningsih, M.Psi, membagikan tips.

Tips itu untuk mengatasi kesedihan sekaligus menjadikan kita lebih produktif, tetap dekat dengan orang-orang tersayang, dan tetap bahagia.

Ada 7 tips yang dibagikan akademisi Unpad itu, yakni:

1. Video call

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk melepas kangen dengan keluarga ialah dengan membuat janji untuk melakukan video call.

Ini bisa dilakukan bersama orangtua, keluarga maupun sahabat di kampung halaman. Dokumentasikan saat kita video call Lebaran. Ini diperlukan sebagai kenang-kenangan di masa mendatang.

2. Beri hadiah kecil

Cobalah memberikan hadiah kecil untuk dirimu sendiri atau membaginya kepada orang terkasih. Caranya sederhana, misalnya masak untuk keluarga dan mengirimkan ke teman.

Ide lainnya membuat kolase foto tentang teman-teman dan keluarga dalam rangka Idul Fitri. Hasil karya ini bisa dibagikan ke media sosial.

3. Rutin berolahraga

Cara lain dan murah ialah berolahraga di rumah ataupun indekos. Pagi hari sambil mendapatkan matahari kita olahraga. Atau jika tidak suka keluar ruangan, banyak video di youtube yang dapat kita ikuti untuk berolahraga di ruang terbatas dan tanpa alat.

Olahraga diketahui meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh kita. Hormon ini adalah satu hormon yang berasosiasi dengan kebahagiaan.

4. Komunikasi ke tahap selanjutnya

Dorong komunikasimu ke tahap selanjutnya dengan cara menulis catatan harian bersama dengan sahabat ataupun keluarga. Banyak aplikasi yang dapat digunakan seperti Livejournal.com, penzu.com, diary.com, atau Tumblr.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com