Kompas.com - 24/05/2020, 09:55 WIB
|

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri tahun ini terasa berbeda dibanding tahun lalu. Kini, arus mudik Lebaran sudah tidak ada lagi semenjak pandemi virus corona atau Covid-19.

Hingga kini, pemerintah juga tetap mengimbau agar masyarakat tidak mudik Lebaran 2020 dengan harapan Covid-19 bisa cepat terputus penyebarannya.

Kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan tersebut menyebabkan kita semua harus tinggal di rumah dan tidak diperkenankan untuk melakukan mudik.

Oleh karena itu, tak jarang banyak mahasiswa yang indekos tidak bisa pulang ke rumah. Bagi yang tinggal di perantauan, akan ada perasaan sedih karena tidak dapat bertemu langsung dengan orangtua maupun orang-orang yang dicintai.

Baca juga: Dosen Psikologi Unpad: Kecemasan Bisa Dikelola Jadi Berkah

Perasaan tersebut normal dirasakan dalam situasi seperti ini. Namun, rasa sedih sebaiknya jangan berkepanjangan, karena ada banyak cara untuk mengatasinya.

Melansir laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad), Jumat (22/5/2020), dua dosen Fakultas Psikologi Unpad sekaligus tim Pusat Konseling Unpad, yaitu Dhini Andriani, M.Psi dan Tiara Ratih Purboningsih, M.Psi, membagikan tips.

Tips itu untuk mengatasi kesedihan sekaligus menjadikan kita lebih produktif, tetap dekat dengan orang-orang tersayang, dan tetap bahagia.

Ada 7 tips yang dibagikan akademisi Unpad itu, yakni:

1. Video call

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk melepas kangen dengan keluarga ialah dengan membuat janji untuk melakukan video call.

Ini bisa dilakukan bersama orangtua, keluarga maupun sahabat di kampung halaman. Dokumentasikan saat kita video call Lebaran. Ini diperlukan sebagai kenang-kenangan di masa mendatang.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.