Perhatikan Edukasi Gizi Pelajar saat Pandemi, Pokja SBNP Siapkan Produk Baca

Kompas.com - 03/09/2020, 19:45 WIB
Poster gelar wicara Kerjasama Lintas Sektor dalam Program Promosi Gizi berbasis Sekolah di Indonesia di Era Correct Normal ? Challenge or Opportunity yang diadakan oleh SEAMEO RECFON dan Pokja SBNP pada Kamis (3/9/2020) di akun YouTube SEAMEO RECFON. DOK. KOMPAS.com/ELISABETH DIANDRA SANDIPoster gelar wicara Kerjasama Lintas Sektor dalam Program Promosi Gizi berbasis Sekolah di Indonesia di Era Correct Normal ? Challenge or Opportunity yang diadakan oleh SEAMEO RECFON dan Pokja SBNP pada Kamis (3/9/2020) di akun YouTube SEAMEO RECFON.

KOMPAS.com – Pada Kamis (3/9/2020), Kelompok Kerja Promosi Gizi Berbasis Sekolah (Pokja School-Based Nutrition Promotion/SBNP) Indonesia membuat dua produk dan talkshow untuk merespon kegiatan edukasi gizi kepada pelajar saat pandemi.

Bersama dengan South East Asian Ministry of Education Organization – Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON), Pokja SBNP menyadari pelaku pendidikan butuh respon atas kegiatan SBNP saat kebanyakan pelajar melakukan pembelajaran dari rumah.

Lewat siaran langsung di akun YouTube SEAMEO RECFON, mereka meluncurkan 5 seri buku kompilasi kegiatan SBNP dengan beragam target pembaca. Buku tersebut hadir untuk akademisi, pemangku kebijakan, pelaksana program, komunitas sekolah, serta masyarakat umum dan media.

Baca juga: Pakar UGM: Gizi Makanan Lebih Berperan Tingkatkan Imun ketimbang Suplemen

“Buku kompilasi ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan advokasi bagi pihak yang terkait seperti guru, pembuat kebijakan dan juga akademisi,” tulis Direktur SEAMEO RECFON Muchtarudin Mansyur dalam Pengantar Buku Kompilasi Kegiatan SBNP.

Sinergi banyak pihak

Selain itu, SEAMEO RECFON membuat platform berbasis website agar dapat mengumpulkan alat belajar maupun sarana prasarana terkait kegiatan SBNP bentuk digital.

Terkait gelar wicara (talkshow), SEAMEO RECFON menghadirkan narasumber dari berbagai macam instansi pemerintah serta agensi internasional. Narasumber yang hadir tentunya pernah terlibat dalam promosi gizi anak sekolah.

“Kerja sama multisektoral sangatlah penting. Saat ini banyak organisasi melakukan upaya perbaikan gizi remaja dengan keahliannya masing-masing. Jika kemampuan ini saling bersinergi, maka dampak yang akan terjadi pasti lebih besar,” kata Ravi Menon selaku Country Director dari Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia.

Gelar wicara ini sudah terlaksana pada Kamis (3/8/2020) pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Namun, masyarakat masih dapat menonton tayangan ulangnya lewat akun Youtube SEAMEO RECFON.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung kegiatan SBNP. Harapan kami produk dari Pokja SBNP ini membawa manfaat kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan promosi gizi berbasis sekolah di Indonesia,” ujar Ketua Panitia Kegiatan Aziz Jati.

Pentingnya pengetahuan gizi pada pelajar

SBNP dan SEAMO RECFON menyasar anak usia sekolah dan remaja sebagai target prioritas untuk pengenalan dan pembiasaan praktik gizi yang baik karena beberapa alasan di bawah ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.