Kompas.com - 04/09/2020, 04:58 WIB
Ilustrasi virus corona, vaksin virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona, vaksin virus corona
|

KOMPAS.com - Para tenaga medis dan paramedis saat ini terus berjuang melawan Covid-19. Ini menjadi salah satu hal dalam penanganan fisik para pasien.

Tetapi, mereka juga butuh dukungan psikososial. Tidak hanya untuk masyarakat umum, tetapi dukungan psikososial juga dibutuhkan oleh para tenaga medis dan tenaga kesehatan.

Terkait hal itu, Dosen Departemen Keperawatan Jiwa, Jurusan Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Ns. Heni Dwi Windarwati, S.Kep., M.Kep., SP.Kep.J, melakukan penelitian.

Baca juga: Di DIY dan Jateng, Tim Peneliti UGM Temukan 4 Mutasi Virus Corona

Melansir akun resmi Instagram UB, Kamis (3/9/2020), Ns. Heni dan kelompok risetnya menyusun beberapa rekomendasi yang dapat mendukung kesehatan jiwa komunitas, baik masyarakat umum maupun tenaga medis dan kesehatan.

Dalam penanganan psikososial, khususnya pada saat pandemi, terdapat 3 tahapan yang harus dilakukan, yakni dimulai dari:

1. fase penyiapan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. fase adaptasi

3. fase finalisasi

Tentunya semua saling berkesinambungan. Rekomendasi ini merupakan panduan efektif yang dapat dilakukan untuk menghadapi stigma dan kesehatan jiwa yang berpengaruh terhadap kesehatan raga.

Penelitian ini termasuk dalam kelompok Q1 kelompok Psychiatry Research pada Elsevier. Kelompok Q1 adalah peringkat teratas dalam indeks jurnal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.