Belajar Daring Bikin Stres? Ini Tiga Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/01/2021, 09:24 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Salah satu cara menekan transmisi Covid-19 di kalangan pelajar dan mahasiswa ialah menerapkan metode pembelajaran jarak jauh ( PJJ) atau biasa disebut pembelajaran daring.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, juga mengeluarkan surat edaran yang menyatakan bahwa kegiatan sekolah termasuk perkuliahan di masa pandemi akan dilakukan secara daring dari rumah.

Namun, dari metode PJJ ini ternyata menimbulkan masalah baru. Adaptasi pembelajaran secara luring atau offline atau daring ke online membuat banyak siswa stres dan cemas berlebih.

Nah, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Rifa Fauziyyah, memiliki pandangannya tersendiri mengenai fenomena ini.

Baca juga: Tips Manajemen Stres Selama PJJ bagi Siswa

Banyak mahasiswa alami kecemasan

Melalui pengamatan yang ia dapat dari berbagai penelitian, maka Rifa Fauziyyah coba merangkumnya. Seperti halnya ada penelitian mengenai dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta.

"Dalam penelitian tersebut, mengungkapkan sekitar 88 persen mahasiswa mengalami kecemasan berat dan 12 persen mahasiswa mengalami kecemasan sedang," ujarnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Ada pula penelitian mengenai depresi dan kecemasan pada mahasiswa selama pandemi Covid-19 di Bangladesh menemukan sekitar 87,7 persen mahasiswa memiliki gejala kecemasan ringan sampai berat.

Penelitian lain di Prancis juga menunjukkan bahwa 60,2 persen mahasiswa mengalami peningkatan kecemasan sejak awal pandemi Covid-19. Hasil penelitian itu juga menunjukkan bahwa 61,6 persen mahasiswa mengalami stres sedang hingga berat.

Termasuk pula, ada penelitian mengenai tingkat stres pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Tercatat, ada 250 dari 262 mahasiswa yang melaksanakan PJJ, lebih dari 12 kali mengalami tingkat stres yang tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X