Kompas.com - 25/01/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi mahasiswa lulus kuliah. ShutterstockIlustrasi mahasiswa lulus kuliah.
|

KOMPAS.com - Selepas lulus S1, biasanya seseorang akan memilih untuk bekerja. Tetapi, ada dunia kerja menghargai karyawan dengan pendidikan lebih tinggi lagi.

Walaupun pendidikan bisa didapatkan secara non formal maupun informal, namun tidak sedikit perusahaan yang lebih menghargai lulusan pendidikan formal.

Maka dari itulah banyak orang mempertimbangkan untuk mengambil pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi selain jenjang S1.

Berikut ini ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengambil pendidikan pascasarjana. Informasi dilansir dari laman Alumni UGM.

Baca juga: Prospek Kerja Prodi Astronomi ITB, Ini Jurusan Langka Lho...

1. Tentukan tujuan

Pada dasarnya tujuan dalam mengambil pendidikan pascasarjana adalah untuk menekuni lebih dalam lagi suatu bidang ilmu yang nantinya dapat berguna untuk dunia kerja.

Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan maupun institusi memberi syarat jenjang pendidikan tertentu bagi calon pekerjaannya.

Di samping itu, ada profesi tertentu yang membutuhkan spesialisasi pada suatu bidang untuk dapat melakukan pekerjaannya. Maka dari itu, pahamilah apa yang menjadi tujuan Anda sebenarnya.

2. Apa keuntungannya

Salah satu keuntungan mengambil pendidikan pascasarjana adalah mengembangkan kompetensi diri untuk dunia kerja.

Dengan memiliki gelar pascasarjana, Anda akan lebih mudah dalam menghadapi kompetisi kenaikan jabatan di dunia kerja.

Tidak hanya itu, gelar pascasarjana ibarat tanda seseorang telah "menikah" dengan ilmu, hal ini terutama bagi gelar Doktor. Di situlah pendidikan pascasarjana Anda akan menandai bahwa Anda adalah seorang ahli pada bidang tertentu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X