Kompas.com - 03/05/2021, 06:05 WIB
Presiden Jokowi saat berbincang santai dalam Podcast Mendikbud Ristek Nadiem Makarim para peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Minggu (2/5/2021). Tangkapan layar kanal Youtube KemendikbudPresiden Jokowi saat berbincang santai dalam Podcast Mendikbud Ristek Nadiem Makarim para peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Minggu (2/5/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membuat siniar (podcast) bersama, Minggu (2/5/2021).

Podcast ini yang berlangsung selama kurang lebih 26 menit ini berisi interaksi Jokowi dan Nadiem seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga sempat melontarkan beberapa pertanyaan terkait kebiasaan atau hal khusus yang dilakukan Jokowi semasa sekolah.

Termasuk tipe pelajar seperti apa Jokowi saat duduk di bangku sekolah.

Baca juga: Rayakan Hardiknas, UGM Komitmen Wujudkan Kampus Merdeka Terarah

Tidak mau kalah dalam hal belajar

Semasa duduk di bangku sekolah, Jokowi mengaku, merupakan pribadi yang tidak mau kalah.

Tidak mau kalah ini dalam arti, jika temannya belajar 1 jam, Jokowi belajar 2 jam. Setelah subuh, ada teman belajar 30 menit, Jokowi belajar 1 jam.

"Tidak mau kalah disitu maksud saya. Kenapa saya seperti itu, karena dengan belajar kita bisa mewujudkan cita-cita," terang Jokowi.

Jokowi menambahkan, ia juga aktif utamanya di pecinta alam. Jokowi mengatakan, memang senang dan juga bisa belajar dimana saja.

"Belajar kan tidak bisa di kampus di alam pun kita bisa belajar. Pendidikan yang kita peroleh di luar ruang kelas itu sama pentingnya dengan pendidikan yang kita terima di dalam kelas," imbuhnya.

Baca juga: Unesa Berikan Beasiswa TK-S3 bagi Anak-anak Patriot KRI Nanggala 402

Pertanyaan lain yang dilontarkan Nadiem yaitu terkait hal khusus yang dilakukan Jokowi semasa duduk di bangku sekolah dan manfaatnya masih relevan dengan jabatannya saat ini sebagai presiden.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X