Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2021, 10:20 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Sari Mulia Eri (Editor penerbit BIP)

KOMPAS.com - Saat ini, ada satu investasi yang sedang booming dan menarik banyak minat masyarakat untuk menambah cuan.

Investasi ini, adalah saham. Jenis ini merupakan salah satu instrumen investasi yang paling populer, potensial, dan menjanjikan keuntungan besar.

Saham banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Ada dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham, yakni Dividen (pembagian laba perusahaan) dan Capital Gain (pertumbuhan dari nilai saham).

Inilah yang menjadikan saham semakin dilirik banyak orang, termasuk para investor pemula yang mulai membanjiri pasar modal.

Baca juga: Ragam Buku Minggu Ini: Belajar Kelola Bisnis dan Investasi dari Nol

Berinvestasi saham jangan asal-asalan. Karena saham juga memiliki risiko, antara lain Capital Loss (kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu kondisi di mana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli) dan Risiko Likuidasi (perusahaan yang sahamnya dimiliki, dinyatakan bangkrut oleh pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan).

Sehingga penting sekali edukasi tentang strategi berinvestasi di pasar modal, khususnya bagi para investor atau trader saham pemula agar bisa menghasilkan profit secara konsisten.

Salah satu strategi investasi saham yang bisa digunakan adalah Ichimoku Kinko Hyo, analisis teknikal klasik asal Jepang yang telah teruji dan terbukti berhasil oleh sekuritas di Jepang dan seluruh dunia.

Ichimoku Kinko Hyo diciptakan agar para trader atau investor dapat mengerti kondisi pasar secara mendalam, hanya dengan melihat chart secara sekilas. Indikator ini unik dibanding dengan indikator lainnya yang sudah ada.

Baca juga: Mengenal Ikigai, Rahasia Etos Kerja Tinggi dan Karier Cemerlang ala Jepang

Indikator ini multifungsi, yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan indikator lain untuk membantu kita mengikuti trend. Oleh karena itu, Ichimoku Kinko Hyo bisa dikatakan sebagai rajanya indikator karena dengan sekali lirikan atau sekilas pandang, kita bisa melihat secara menyeluruh keadaan market, arah market, support, dan resistant-nya.

Termasuk, kapan kita melakukan entry dan exit. Kita juga akan mengetahui seberapa kuat sinyal untuk beli dan jual.

Di dalam Ichimoku Kinko Hyo terdapat beberapa elemen atau komponen yang dijadikan sebagai panduan di dalam menentukan ENTRY dan EXIT, yakni Tenkan Sen, Kijun Sen, Chikou span, Span A, Span B, dan Kumo.

Namun, Anda tidak perlu risau untuk membuat indikator Ichimoku ini karena sudah tersedia di software saham Anda. Juga melalui buku Profit Konsisten dengan Ichimoku Kinko Hyo yang dapat membantu Anda untuk memahami lebih jauh tentang Ichimoku, mulai dari sejarahnya sampai contoh aplikasinya dalam trading sehari-hari.

Baca juga: Empat Cara Menjadi Kaya dengan Hidup Zero Waste

Buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh para trader saham, forex, dan Gold karena memberikan informasi teknik trading saham yang lebih menarik dengan metode yang sudah teruji oleh banyak trader.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com