Kompas.com - 26/07/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi teknologi. shutterstock.com/sdecoretIlustrasi teknologi.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Teknologi yang bisa dinikmati manusia saat ini tentu dibuat dan ditemukan dengan penelitian yang tidak sebentar.

Selain tokoh penemu teknologi dari luar negeri, Indonesia juga memiliki banyak penemu dan ahli teknologi lho.

Mereka membantu mengembangkan kemajuan teknologi dunia. Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam, Senin (26/7/2021), ada sejumlah nama dari Indonesia yang menemukan dan mengembangkan suatu teknologi.

Penemu teknologi dari Indonesia semakin bertambah dan berperan penting terhadap perkembangan teknologi dunia dan diakui secara internasional.

Baca juga: Keren, Masih 14 Tahun David Purnomo Lolos di Washington University

Penemu teknologi dari Indonesia

1. Khoirul Anwar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khoirul Anwar merupakan penemu teknologi broadband penemu 4G teknologi di Indonesia. Khoirul Anwar berhasil membuat ponsel dan kartu perdanamu dapat menangkap jaringan 4G.

Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Nara Institute of Science and Technology memiliki paten 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM).

Teknologi broadband ini diciptakan olehnya dan menjadi langkah awal terciptanya mobile 4G LTE. Khoirul Anwar telah diakui sebagai salah satu peneliti asal Indonesia terbaik di Jepang.

Baca juga: Mahasiswa Unair Ubah Bunga Telang Jadi Skincare, Ini 3 Khasiatnya

2. Prof. Sedyatmo

Sedyatmo merupakan penemu pondasi cakar ayam. Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 ini menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.