Kompas.com - 15/08/2021, 15:06 WIB
Layanan pencari kerja, LinkedIn CNETLayanan pencari kerja, LinkedIn
|

KOMPAS.com - Keberadaan media sosial jika digunakan dengan bijaksana bisa mendatangkan banyak manfaat positif.

Tiap platform media sosial juga memiliki keunggulan masing-masing. Orang bisa membagikan kreativitas mereka, mencari informasi hingga bisa mendapatkan penghasilan dengan mengoptimalkan media sosial.

Ada juga media sosial yang digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan. Pasti kamu sudah tahu tentang LinkedIn? LinkedIn adalah sebuah platform internet yang mayoritas digunakan untuk mencari pekerjaan.

Dilansir dari laman platform edukasi Ruang Guru, Minggu (15/8/2021), membuat akun LinkedIn sangat mudah. Bagi kamu yang sudah berusia 16 tahun ke atas, sudah bisa mendaftar dan membuat akun LinkedIn.

Baca juga: Siswa, Ketahui 3 Fakta Menarik Alat Musik Angklung

Sehingga tidak hanya mahasiswa dan fresh graduate saja yang bisa memiliki akun LinkedIn. Meski bukan semata-mata bertujuan mencari pekerjaan, dengan memiliki akun LinkedIn, siswa atau mahasiswa dapat menemukan kesempatan-kesempatan lain. Seperti magang, part time, menambah koneksi/relasi, dan kegiatan positif lainnya.

Yuk simak langsung tips menyusun profil LinkedIn dengan membaca artikel berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Gunakan foto yang layak

Foto profil menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan. Berbeda dengan Facebook atau Instagram, foto profil di LinkedIn terkesan lebih profesional karena akan dilihat pihak pencari calon karyawan.

Kamu bisa menggunakan foto dengan kualitas tinggi. Sehingga besar kemungkinan profilmu akan banyak dilihat dan dikunjungi. Pastikan juga kamu berfoto sendiri dan berpakaian rapi.

Baca juga: Peneliti UGM Kembangkan Susu Fermentasi Bisa Turunkan Kolesterol

2. Tulis headline yang informatif dan menarik

Headline adalah pernyataan atau slogan profesional yang singkat dan menarik. Headline di profil Linkedin ini berguna untuk memberikan kesan pertama yang baik dan mudah diingat.

Untuk menyusun headline di profil Linkedin, pertama-tama kamu bisa menjelaskan kelebihan, minat, dan tujuan kamu. Kamu bisa mengecek profil Linkedin dari teman seangkatan atau alumni almamater yang diidolakan untuk mendapat ide.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.