Kompas.com - 21/08/2021, 13:02 WIB
Buku Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu DOK. GrasindoBuku Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu

Penulis: Mira Rainayati, Editor Grasindo

KOMPAS.com - Pandemi yang seakan tak berkesudahan ini tak bisa dipungkiri membuat banyak orang mengalami kejenuhan. Tak bisa menutup mata, keadaan ini juga melahirkan sebagian orang yang kemudian merasa “bodo amat”.

Sementara sebagian yang lain berusaha mencari pengalihan untuk kejenuhan mereka. Tak aneh jika berbagai aktivitas dan hobi pun bermunculan. Cukup banyak orang terlihat mulai melirik hobi bercocok tanam, sementara sebagian yang lain semakin asyik berselancar di dunia maya.

Sebagian dari mereka yang berselancar di dunia maya, dalam hal ini media sosial, seperti Instagram atau Facebook, ternyata menemukan teman-teman dengan minat yang sama dan mulai membentuk komunitas-komunitas. Komunitas fanbase menjadi salah satu di antaranya.

Beberapa fanbase yang mengidolakan artis tertentu bisa dikatakan lahir dan berkembang semakin besar bersamaan dengan sebuah keadaan yang memaksa orang untuk tidak bisa dengan leluasa pergi ke mana-mana seperti sekarang ini.

Seperti telah diketahui, sebelum pandemi ini hadir, fanbase yang sedang marak adalah fanbase yang lahir dari Korean Wave. Indonesia sendiri terkenal mempunyai fanbase yang banyak dan loyal pada Korean Pop atau yang kemudian dikenal dengan K-pop.

Baca juga: Mengenal Dunia Perempuan lewat Lebih Senyap dari Bisikan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pandemi ini memang membuat sebagian orang akhirnya menghabiskan lebih banyak waktunya di depan gadget, komputer, dan kembali pada televisi. Pada sebagian kaum perempuan misalnya, drama Korea menjadi pilihan nomor satu demi mengusir kejenuhan.

Sementara, sebagian yang lain menjadikan sinetron sebagai pilihan mereka. Tak aneh jika beberapa sinetron akhir-akhir ini mencapai rating dan share yang cukup tinggi, serta melahirkan fanbase-fanbase yang cukup militan.

Misalnya, kemunculan Sinetron “Samudra Cinta” menjadi salah satu sinetron dengan rating yang cukup stabil sejak kemunculannya pertama kali pada Desember 2019. Sinetron yang satu ini juga melahirkan fanbase yang tidak bisa dikatakan sedikit dan kalau boleh dibilang sangat loyal dan militan.

Meskipun sinetron ini sudah “bungkus” atau tidak tayang lagi sejak 23 Mei 2021, tidak halnya dengan para fans-nya. Dalam hal ini, terlebih fans dari kedua pemeran utama sinetron tersebut, yakni Rangga Azof dan Haico van Der Veken. Berbagai akun di media sosial yang mengaku diri mereka adalah fans dari keduanya, baik hanya Rangga Azof (Azofers), hanya Haico van Der Veken (Haicovers), atau yang mengusung keduanya dengan membawa bendera Haizofers dan mempunyai hashtag #kawalsampaihalal, memutuskan untuk terus mendukung karya dari idola mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.