Kompas.com - 21/08/2021, 19:24 WIB
Ilustrasi anak mengakses gawai. PEXELS/VICTORIA BORODINOVAIlustrasi anak mengakses gawai.
|

KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri lagi, teknologi membawa banyak perubahan. Meski demikian, ada dampak negatif jika tidak bisa mengendalikan.

Salah satunya ialah teknologi sudah dekat dengan anak. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi yang berasal dari gawai atau ponsel pintar.

Padahal, perkembangan otak anak tergantung dari nutrisi dan stimulasi lingkungan. Termasuk pendampingan dari orangtua juga sangat penting.

Baca juga: Orangtua, Pahami Perbedaan Pendek dan Stunting pada Anak Usia Dini

Apalagi pola asuh orangtua, jika kekurangan stimulasi atau kelebihan stimulasi ini tentu akan mengganggu tumbuh kembang anak.

Gangguannya bisa berupa gangguan sensorik, motorik maupun gangguan dari proses kecerdasan dan perilaku. Pada saat anak menggunakan gawai ataupun televisi itu akan menimbulkan stimulus di otaknya.

Dalam webinar Siberkreasi gelaran Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek beberapa waktu lalu, salah satu narasumber Dr. dr. Yetty Ramli, SpS(k), Spesialis Syaraf Anak Departemen Neurologi RSCM memberikan penjelasan terkait dampak teknologi bagi anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti ada persepsi di otak yang akan disimpan melalui informasi, kalau informasi itu bagus yang diterima anak pun akan berdampak positif," ujarnya seperti dikutip dari laman Direktorat SD.

Namun, jika anak mengonsumsi informasi yang negatif maka akan ada perubahan di otak anak tersebut yang mengarah kepada hal negatif pula.

Oleh karena itu lingkungan terutama orang tua sangat berperan penting agar anak terhindar dari paparan informasi yang tidak sesuai dan menimbulkan efek negatif.

Terlebih di era perkembangan teknologi dan digital yang semakin pesat dan semakin dekat dengan kehidupan manusia saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.