Kompas.com - 19/09/2021, 21:24 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Menjadi orang tua tidak mudah. Karena harus merawat dan membesarkan anak dengan baik, bahkan pendidikan terbaik.

Namun, tanpa disadari, terkadang orang tua melakukan pola asuh yang kurang tepat, berlandaskan rasa terlalu sayang atau ingin melindungi.

Pola asuh yang kurang tepat memiliki dampak jangka panjang terhadap psikologis anak. Seperti kurangnya kepercayaan diri anak akibat disiplin yang berlebih.

Baca juga: Orangtua, Ini Manfaat Konsumsi Daging bagi Tumbuh Kembang Anak

Tapi jangan khawatir, semua bisa dihindari. Berikut ini 5 macam pola asuh toksik yang harus dihindari.

Informasi dilansir dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (19/9/2021).

1. Disiplin berlebih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendisiplinkan anak memang merupakan aspek yang sangat penting dalam mengasuh anak. Tetapi disiplin berlebih justru bisa menyerang tingkat kepercayaan diri anak.

2. Overprotektif

Overprotektif tidak hanya akan dianggap membatasi dan mengganggu, tetapi juga dapat menghambat mereka untuk mengambil segala jenis risiko dan tantangan di kemudian hari.

3. Membandingkan dengan anak lain

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.