Kompas.com - 22/10/2021, 15:04 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan studi S1, mahasiswa bisa langsung mencari pekerjaan atau menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Memiliki gelar magister setelah lulus studi S2 merupakan sesuatu yang membanggakan bagi mayoritas orang. Melanjutkan pendidikan ke jenjang S1juga memberikan banyak manfaat.

Salah satunya, akan memiliki  karakter yang lebih matang dan lebih siap dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Selain itu, pendidikan S2 bisa membuka peluang untuk mendapatkan banyak relasi dan pengalaman.

Sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu harus mempertimbangkan lima hal berikut ini supaya bisa mengambil langkah yang tepat.

Baca juga: Mahasiswa Unsoed Manfaatkan Kulit Jeruk Jadi Perasa di Selai Sayuran

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Jumat (22/10/2021), ada lima pertimbangkan agar mendapatkan keputusan yang tepat untuk melanjutkan studi S2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tujuan melanjutkan ke jenjang S2

Sebelum memutuskan kuliah S2, mahasiswa perlu tahu tujuan yang ingin dicapai. Mahasiswa juga perlu membuat perencanaan dan komitmen. Tanpa tujuan, kerja keras belum tentu memberikan hasil sesuai harapan.

Misalnya, mahasiswa kuliah S2 karena mengikuti tren di kampus saat itu. Setelah kuliah S2 berjalan, semangat untuk kuliah perlahan memudar. Kamu juga tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas dari dosen. Jika hal itu terjadi, berarti mahasiswa sudah kehilangan arah. Penyebab utamanya yaitu tidak memiliki tujuan yang mampu memotivasi menyelesaikan studi S2.

2. Kemampuan finansial

Setelah menemukan tujuan studi S2, mahasiswa juga harus mengukur keuangan keluarga. Pastikan, kedua orangtua memiliki cukup dana untuk mengantarkan hingga menjadi menyandang gelar magister. Jika kedua orangtua tidak mampu membiayai, upayakan kamu mencari pendanaan sendiri.

Baca juga: Intip Jurusan Kekinian Bisnis Digital dan Peluang Kerjanya

Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni mencari pendanaan melalui program beasiswa. Saat ini, banyak perusahaan atau instansi yang membuka beasiswa S2 di luar maupun dalam negeri. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kamu harus mematuhi beberapa syarat, yakni:

  • Menunjukkan kualitas diri dan prestasi selama kuliah di jenjang S1.
  • Berikan bukti tertulis kepada pemberi beasiswa, bahwa kedua orangtua benar-benar tidak mampu secara finansial.
  • Mendapatkan rekomendasi dari dosen atau perusahaan yang mendukung.

3. Jurusan yang menunjang karier dan impian

Jika kamu pernah merasa salah jurusan ketika kuliah S1, pastikan tidak mengulangi hal itu lagi saat kuliah S2. Mahasiswa perlu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan impian kamu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.