Kompas.com - 12/11/2021, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Peringatan Hari Ayah Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November bisa menjadi momen ayah untuk hadir lebih lekat di kehidupan anak.

Peran ayah begitu penting, tak hanya dalam ekonomi keluarga, namun juga dalam tumbuh kembang anak serta pendidikan anak di rumah.

Peran seimbang antara ibu dan ayah adalah pilar peting dalam perkembangan kesejahteraan emosional anak. Itulah mengapa, dunia dan Indonesia memiliki baik Hari Ayah maupun Hari Ibu untuk mengingatkan peran penting keduanya dalam kehidupan seorang anak.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Sejarah peringatan Hari Ayah sedunia

Merangkum platform edukasi Zenius Education, peringatan Hari Ayah dimulai pertama kali pada tanggal 19 Juni 1910 di Spokane, Washington. Sekitar 58 tahun setelah Presiden Woodrow Wilson pertama kali meresmikan peringatan Hari Ibu.

Peringatan Hari Ayah bermula pada tanggal 5 Juli 1908 di sebuah gereja Virginia Barat, namun masih dilakukan secara eksplisit.

Tujuan utamanya adalah untuk mengenang 362 pria yang meninggal dalam ledakan Desember (tahun sebelumnya) di tambang Fairmont Coal Company di Monongah. Namun hanya dilakukan sekali, dan bukan sebagai hari libur tahunan.

Tahun berikutnya, dilansir dari Live Science, seorang wanita muda bernama Sonora Smart Dodd sedang duduk di gereja sambil mendengarkan khotbah peringatan Hari Ibu pada bulan Mei 1909.

Ibu Dodd sudah meninggal sejak melahirkannya, dan ia dibesarkan oleh ayahnya seorang diri, seorang veteran Perang Sipil bernama William Jackson Smart.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Dodd merasa ingin menetapkan hari khusus untuk orang tua laki-laki, seperti halnya Hari Ibu.

Dodd merasa ayahnya telah mengambil tanggung jawab yang besar seorang diri untuk membesarkannya yang baru lahir beserta lima orang anaknya yang lain, dan apa yang telah dilakukannya sangat perlu diapresiasi sebagai bentuk penghormatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.