Kompas.com - 22/11/2021, 08:19 WIB
Ilustrasi mahasiswa sedang melakukan penelitian. DOK. Universitas PertaminaIlustrasi mahasiswa sedang melakukan penelitian.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi siswa jurusan IPA, salah satu jurusan yang diminati untuk dipilih saat kuliah adalah jurusan Farmasi.

Lulusan jurusan Farmasi tentu sangat dibutuhkan oleh dunia kesehatan. Pasalnya, mereka punya pengetahuan tentang penggunaan obat-obatan secara efektif dalam ilmu kesehatan hingga pengobatan higienis.

Saat kamu memilih jurusan Farmasi, kamu akan menggabungkan ilmu Kimia dan Biologi. Tentu saat berada di perguruan tinggi, ilmu yang dipelajari akan lebih dalam.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram yakni @masukkampus, Sabtu (20/11/2021), ada beberapa mata kuliah yang dipelajari saat memilih jurusan Farmasi. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: Nadiem Tak Biarkan Intoleransi Terjadi di Dunia Pendidikan

Mata kuliah di jurusan Farmasi

1. Analisis Farmasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat mempelajari mata kuliah ini, kamu diharapkan bisa memahami manfaat dan prinsip penggunaan bahan tambahan dan bahan aktif yang digunakan dalam dunia farmasi. Mata kuliah ini salah satu yang terpenting lho bagi mahasiswa jurusan Farmasi.

2. Mikrobiologi Farmasi

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari mikrobiologi dan korelasinya dengan dunia farmasi. Di mata kuliah ini juga membahas tentang jenis sel, mikroba uni dan multiseluler, sifat persyaratan hidupnya, cara pengendaliannya, sistem metabolisme dan pertumbuhannya.

3. Kimia Analitik

Di mata kuliah ini, mahasiswa Farmasi akan belajar tentang prinsip identifikasi, separasi dan kuantifikasi senyawa-senyawa kimia dengan pengembangan metode, teknik dan instrumentasi dan juga aplikasinya di dunia kesehatan.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa UNY Basmi Tungau di Jamur Kuping dengan Biji Sirsak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.