Kompas.com - 28/11/2021, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Dalam beberapa bulan, seleksi mahasiswa baru akan dimulai salah satu jalur yang membuka kesempatan mahasiswa baru bakal digelar.

Salah satunya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Di dalam SBMPTN, ada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat untuk lolos.

UTBK sendiri, ada soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Lalu, apa bedanya?

Dilansir dari laman Zenius, Kalau TPS soal-soalnya berguna untuk menguji kemampuan verbal, matematika dasar, membaca menulis, dan kemampuan lainnya yang terkait.

Sedangkan yang diujikan TKA adalah kemampuan kita dalam materi jurusan, seperti fisika, kimia, geografi, ekonomi, dan materi lainnya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Prospek Kerja Besar

Perbedaan TPS dan TPA

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes untuk mengukur pengetahuan serta pemahaman keilmuan yang dulu pernah didapatkan siswa di sekolah.

Kompetensi ini perlu untuk mempersiapkan diri menempuh perguruan tinggi. Kalau TKA mengukur kemampuan yang berkaitan langsung dengan mata pelajaran dan penekanan tes ini ada pada tingkat High Order Thinking Skills (HOTS).

Sedangkan TPS lebih mengukur kemampuan kognitif yang dianggap perlu untuk menunjang kompetensi di perguruan tinggi. TPS berisi ujian berupa penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dalam tulisan.

Baca juga: Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Dibuka Setiap Tahun, Mana Pilihanmu?

Lebih Rinci Mengenai Tes Potensi Skolastik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.