Kompas.com - 18/12/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi boraks ShutterstockIlustrasi boraks
|

KOMPAS.com - Jajanan anak yang dijual bebas di jalanan perlu diwaspadai. Sebab, dikhawatirkan mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Apalagi disajikan dengan kurang higienis.

Bagi siswa SD perlu berhati-hati dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sebab, ada beberapa bahan berbahaya yang perlu kita waspadai seperti makanan/minuman yang mengandung pengawet dan pewarna.

Melansir akun resmi Instagram Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Kamis (16/12/2021), berikut penjelasannya yang harus dipahami orang tua dan siswa.

Baca juga: Tips Belajar Membaca Buku bersama Siswa

Tentu makanan dan minuman yang mengandung pewarna buatan maupun bahan pengawet makanan jika terus-menerus dikonsumsi dalam jangka panjang, kandungan zat berbahaya tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk selalu waspada terhadap bahaya jajanan anak sekolah yang dijual secara bebas.

Bahan makanan berbahaya

Berikut beberapa kandungan bahan berbahaya dalam jajanan anak sekolah yang sering ditemukan, yaitu:

1. Boraks

Boraks (sodium tetraborat) merupakan bubuk putih yang menyerupai garam dan tidak memiliki rasa. Umumnya, boraks digunakan sebagai bahan untuk membuat detergen, pestisida, dan pupuk. Namun, bahan ini sering disalahgunakan sebagai pengawet makanan dan untuk melunakkan daging.

Jila dikonsumsi terus-menerus, jajanan anak sekolah yang mengandung boraks dapat menyebabkan gangguan otak, hati, dan ginjal. Bahkan, bila dikonsumsi secara berlebihan, anak bisa muntah, diare, hingga syok yang bisa mengancam nyawanya.

Baca juga: 6 Tips Memilih Jajanan Sehat dari Ahli Gizi RSA UGM

2. Formalin

Bahan formalin juga kerap ditemukan sebagai pengawet jajanan anak sekolah. Dalam jangka panjang, jajanan anak sekolah yang mengandung formalin, dapat merusak sistem pencernaan, meningkatkan risiko gagal ginjal, dan memicu kanker.

3. Rhodamin B

Sementara Rhodamin B merupakan zat pewarna kimia yang biasa digunakan untuk kertas, tekstil, kayu, sabun, dan emas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.