Kompas.com - 21/12/2021, 12:26 WIB
|

KOMPAS.com - Penyakit di dunia ada banyak. Mulai dari yang ringan hingga penyakit yang tergolong berat seperti kanker, jantung, stroke dan lain-lain.

Seperti halnya penyakit diabetes. Di Indonesia masih menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, prevalensi pasien penderita diabetes di Indonesia mengalami peningkatan. Karena masyarakat harus bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

Akademisi dari Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), Lastdes Cristiany Friday, S.Gz., MPH., memberikan penjelasan.

Menurutnya, kasus diabetes terbanyak di Indonesia adalah diabetes tipe 2 yang penyebabnya kebanyakan karena gaya hidup yang tidak benar.

"Pemilihan jenis makanan dan pengolahannya menjadi salah satu penyebab diabetes," ujar Lastdes seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM.

Dia menjelaskan, tujuan diet pada pasien diabetes adalah menjaga gula darah tetap stabil agar dapat mendukung aktivitas sehari-hari.

Kemudian prinsip diet pada penderita diabetes sebetulnya adalah diet sehat yang memperbolehkan makanan apapun namun harus memperhatikan jenisnya, jumlahnya dan jadwalnya atau biasa dikenal dengan prinsip 3J pada pasien diabetes.

Maka, disarankan pasien diabetes tidak mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti:

  1. nasi putih
  2. cornflakes
  3. jenis kue-kue manis

"Makanan ini akan mudah meningkatkan gula darah. Selain itu juga tidak memberikan gula tambahan pada makanan, cukup 4 sendok/hari saja," terang Lastdes.

Baca juga: Cara Atasi Vertigo dengan 4 Gerakan, Info Stikes Panti Kosala

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.