Kompas.com - 27/12/2021, 05:27 WIB
|

KOMPAS.com - Saat akhir tahun, pasti banyak orang yang ingin berlibur. Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, tetapi semua boleh bepergian. Asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bagi yang ingin liburan, tentu tidak mudah bagi para pekerja. Selain ada aturan dari tempat kerja, aturan juga ada dari pemerintah. Tetapi, setiap karyawan punya jatah cuti.

Pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga terkadang membuat ingin rehat sejenak dan pergi liburan. Meski hanya sebentar, berlibur adalah upaya untuk mendongkrak produktivitas kehidupan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja dari Alumni UGM

Itu sebabnya pemerintah dan perusahaan menyadari pentingnya rehat sejenak dari pekerjaan dengan memberikan jatah cuti bagi para karyawan.

Meski demikian, terkadang pengambilan jatah cuti karyawan justru malah membuat sistem kerja di kantor berantakan.

Agar tidak menjadi orang yang merepotkan kolega dalam bekerja, maka ada tips guna mengoptimalkan cuti bagi karyawan.

Melansir laman Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), ini 4 tips mengelola jadwal cuti kerja:

Membuat perencanaan

Ketika mendapatkan kalender di awal tahun, pastikan Anda sudah merencanakan sejak jauh hari di bulan apa yang bisa digunakan untuk mengambil cuti. Sebelum mengajukan cuti, Anda harus tahu tujuan cuti tersebut diambil.

Apakah untuk keperluan berlibur, melahirkan, atau keperluan mendesak? Setiap alasan memiliki urgensi yang berbeda. Jika tujuan Anda berlibur, lakukanlah jauh hari sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan saat liburan.

Baca juga: Alumni UGM: Ini 5 Tips Jalani Masa Percobaan Kerja

Harus menyesuaikan jadwal keluarga

Tips lainnya ialah menyesuaikan cuti dengan jadwal keluarga juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Terkadang jadwal cuti yang diambil tidak sesuai dengan jadwal cuti anggota keluarga lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.