Kompas.com - 12/01/2022, 09:22 WIB

KOMPAS.com - Awal tahun, waktunya membuat resolusi baru. Tetapi, sebetulnya apa artinya resolusi?

Resolusi, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, didefinisikan sebagai “putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.”

Tapi sekarang, kata resolusi juga sering digunakan untuk menggambarkan kebulatan tekad individu yang perlu dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk resolusi bisa macam-macam, salah satunya resolusi membaca buku. Resolusi membaca buku juga beraneka ragam. Ada yang bertekad untuk membaca buku dalam jumlah tertentu sepanjang bulan atau tahun ini. Ada yang berniat meluaskan genre bacanya ke isu yang belum pernah ia lirik sebelumnya.

Baca juga: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia

Ada juga yang bertekad setiap habis baca mau membuat ulasan bukunya. Ada pula yang berusaha membaca semua buku populer terbaru yang terbit sepanjang tahun ini, supaya tidak kelewatan tren.

Bagi kamu yang gemar membaca buku dan masih menyusun daftar bacaan untuk resolusi tahun ini, berikut ada beberapa buku akan terbit Januari 2022 yang wajib kamu tunggu kehadirannya.

1. Blue Lock 01

Komik Blue Lock 01DOK. Gramedia Komik Blue Lock 01

Kegagalan Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2020 mungkin bisa sedikit terobati lewat komik sepak bola ini. Blue Lock menceritakan upaya persatuan sepak bola Jepang bangkit dari kegagalan lolos babak eliminasi pada putaran per delapan final Piala Dunia 2018.

Mereka mendirikan kemah pelatihan bernama Blue Lock yang mendidik 300 pelajar tingkat SMA untuk siap bermain dengan posisi sebagai penyerang pada kejuaraan dunia berikutnya. Sayangnya, kemah pelatihan tersebut bukannya menghasilkan karakter-karakter penyerang yang kompetitif dengan mental juara, melainkan striker-striker yang egois.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse, Mahasiswa Harus Tahu

Blue Lock karya Muneyuki Kaneshiro dan Yusuke Nomura sudah diadaptasi jadi film. Anime Blue Lock disebut-sebut sebagai yang paling ditunggu penanyangannya tahun ini. Di Indonesia, Penerbit Elex Media Komputindo siap merilis komiknya pada 5 Januari 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.