Kompas.com - 17/01/2022, 13:26 WIB
|

KOMPAS.com - Siswa yang suka dengan sejarah apakah sudah paham mengenai Kerajaan Kutai? Siapa nama raja kerajaan Kutai? Serta bagaimana kehidupan politiknya?

Melansir laman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Kerajaan Kutai dikenal sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

Berdasarkan temuan para arkeolog atas tujuh buah yupa yang memuat prasasti (hanya 4 yang berhasil dibaca dan diterjemahkan).

Baca juga: Siswa, Ini Raja-raja Kerajaan Kediri

Prasasti itu menggunakan huruf Pallawa, yang menurut bentuk dan jenisnya berasal dari sekitar 400 Masehi dengan bahasa Sansekerta, dan ditulis dalam bentuk puisi anustub.

Maka berdasarkan hal tersebut diketahuilah adanya sebuah kerajaan kuno Indonesia yaitu kerajaan Kutai yang telah sekian lama terlupakan.

Kerajaan Kutai dalam kontek sejarah nasional Indonesia baku dikenal sebagai kerajaan tertua yang bernapaskan agama Hindu.

Terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Hulu Sungai Mahakam Kabupaten Kutai. Namun tidak diketahui secara pasti angka tahun berdirinya.

Para ahli hanya dapat menduga bahwa kerajaan Kutai setidaknya sudah ada sejak abad ke-5 M. Hal ini dapat dilihat dari jenis hurufnya yang pranagari dan berasal dari India Selatan yang banyak ditemukan di daerah itu dalam waktu yang relatif sama.

Sedangkan nama Kutai sendiri digunakan untuk menyebut kerajaan yang dianggap paling tua ini karena letak ditemukannya prasasti berada di kabupaten Kutai (tidak diketahui secara pasti apa nama dari kerajaan tersebut).

Baca juga: 4 Tips Bermedia Sosial dan Berinternet yang Bijak bagi Siswa

Kehidupan politik kerajaan Kutai

Adapun kehidupan politik yang dijelaskan dalam yupa bahwa raja terbesar Kutai adalah Mulawarman, putra Aswawarman dan Aswawarman adalah putra Kudungga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.