Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 17:53 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Semenjak sekolah online atau belajar dari rumah diberlakukan pemerintah demi mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah, cukup banyak orangtua mengaku kewalahan membimbing anak belajar.

Orangtua yang biasanya hanya menyiapkan sarapan dan mengantar ke sekolah, kini harus mendampingi anak yang belajar dari rumah.

Adaptasi dengan rutinitas baru tersebut kadang membuat orangtua gemas. Hal ini karena anak sulit fokus, enggan mengerjakan tugas dari guru, atau justru karena orangtua yang kesulitan mendampingi belajar lantaran kurang paham dengan pelajaran anak.

Rupanya, ada satu cara yang bisa dicoba orangtua untuk mengatasi masalah belajar anak selama sekolah online, yaitu menerapkan kebiasaan makan bersama keluarga.

Baca juga: Sebelum Anak Divaksin Covid, Pakar UGM: Ini Tipsnya

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa makan bersama keluarga memengaruhi belajar anak?

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber pada Kamis (20/1/2022), ternyata kebiasaan makan bersama keluarga memiliki enam manfaat baik bagi anak yang masih berstatus pelajar.

1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Ilustrasi anak dan orangtuaMEDIO by KG MEDIA Ilustrasi anak dan orangtua

Melansir Parents.com, Kamis (16/9/2021), Profesor Psikoedukasi Université de Montréal Linda Pagani dalam sebuah wawancara di Science Daily mengatakan, makan bersama keluarga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Itu karena selama makan bersama, akan tercipta interaksi dan diskusi antar anggota keluarga. Diskusi inilah yang dapat mendorong anak menjadi komunikator yang baik.

Jika dibiasakan makan bersama, secara perlahan anak akan lebih terbuka pada orangtua dan menceritakan masalah yang dihadapinya, termasuk masalah belajar.

2. Meningkatkan harga diri anak

Kesulitan yang dihadapi pelajar selama sekolah online di rumah bisa jadi karena ia memiliki harga diri rendah yang membuatnya takut untuk belajar di hadapan orangtua.

Merangkum Parents.com dan Bright Side, Kamis (20/1/2022), makan bersama keluarga dapat mengatasi masalah harga diri anak. Sebab, kebiasaan ini dapat menciptakan rasa saling memiliki antar-anggota keluarga.

Orangtua bisa memanfaatkan kesempatan makan bersama keluarga untuk membuat anak merasa lebih diperhatikan, diterima, dan dicintai apa adanya. Dengan begitu, ia akan lebih percaya diri sehingga dapat belajar dengan baik.

Baca juga: Orangtua, Ini 6 Cara Mengedukasi Kekerasan Seksual pada Anak

3. Mengurangi stres

Ilustrasi anak sedang sekolah online atau belajar dari rumahDOK. Pewresearch.org Ilustrasi anak sedang sekolah online atau belajar dari rumah

Selama sekolah online, sebenarnya bukan hanya orangtua yang stres karena menghadapi anak, tetapi anak juga bisa merasa stres jika terus ditekan oleh orangtua selama belajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com