Kompas.com - 20/01/2022, 17:53 WIB

KOMPAS.com – Semenjak sekolah online atau belajar dari rumah diberlakukan pemerintah demi mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah, cukup banyak orangtua mengaku kewalahan membimbing anak belajar.

Orangtua yang biasanya hanya menyiapkan sarapan dan mengantar ke sekolah, kini harus mendampingi anak yang belajar dari rumah.

Adaptasi dengan rutinitas baru tersebut kadang membuat orangtua gemas. Hal ini karena anak sulit fokus, enggan mengerjakan tugas dari guru, atau justru karena orangtua yang kesulitan mendampingi belajar lantaran kurang paham dengan pelajaran anak.

Rupanya, ada satu cara yang bisa dicoba orangtua untuk mengatasi masalah belajar anak selama sekolah online, yaitu menerapkan kebiasaan makan bersama keluarga.

Baca juga: Sebelum Anak Divaksin Covid, Pakar UGM: Ini Tipsnya

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa makan bersama keluarga memengaruhi belajar anak?

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber pada Kamis (20/1/2022), ternyata kebiasaan makan bersama keluarga memiliki enam manfaat baik bagi anak yang masih berstatus pelajar.

1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Ilustrasi anak dan orangtuaMEDIO by KG MEDIA Ilustrasi anak dan orangtua

Melansir Parents.com, Kamis (16/9/2021), Profesor Psikoedukasi Université de Montréal Linda Pagani dalam sebuah wawancara di Science Daily mengatakan, makan bersama keluarga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Itu karena selama makan bersama, akan tercipta interaksi dan diskusi antar anggota keluarga. Diskusi inilah yang dapat mendorong anak menjadi komunikator yang baik.

Jika dibiasakan makan bersama, secara perlahan anak akan lebih terbuka pada orangtua dan menceritakan masalah yang dihadapinya, termasuk masalah belajar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.