Kompas.com - 26/02/2022, 12:58 WIB

KOMPAS.com - Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dunia pariwisata di Indonesia mulai menggeliat kembali.

Untuk terus memajukan dunia pariwisata di Indonesia, tentu butuh kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang pariwisata maupun hospitality.

Lulusan dari perguruan tinggi khusus pariwisata saat ini dan di masa yang akan datang tentu masih sangat dibutuhkan.

Merangkum dari laman Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Sabtu (26/2/2022), perguruan tinggi khusus pariwisata didirikan guna menciptakan SDM unggul dan kompeten sesuai dengan passion dalam bidang pariwisata.

Baca juga: Bank Muamalat Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Yuk Daftar

Rekomendasi sekolah pariwisata bagi siswa

Bagi siswa yang tertarik terjun di bidang pariwisata, ada rekomendasi perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi khusus bidang pariwisata. Yuk simak bersama informasi berikut ini:

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB)

Salah satu sekolah tinggi bidang pariwisata yang direkomendasikan adalah STPB. Sekolah tinggi yang berada di Bandung ini memiliki beragam program studi dari tingkat D3, D4, hingga Magister Manajemen Pariwisata.

Salah satu program studi unggulannya, yaitu bidang wisata kuliner. Beberapa alumni STPB kini sukses menjadi chef yang menyajikan ragam pangan lezat.

2. Politeknik Pariwisata Bali

Siapa yang tidak kenal Pulau Bali? Salah satu magnet pariwisata Indonesia ini selalu menyedot perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk memenuhi kebutuhan industri pariwisata, khususnya di Pulau Bali, Politeknik Pariwisata Bali hadir mencipatakan SDM unggul di bidang pariwisata.

Baca juga: Tips Hindari Investasi Bodong dari Dosen UMM

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.