Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2022, 14:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi siswa atau mahasiswa, memiliki tubuh ideal tentu sangat diidamkan. Meski demikian, tubuh ideal tak bisa didapatkan dengan cara yang mudah.

Selain rajin berolahraga, seseorang juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Sebab jika tak dapat menjaganya maka bisa kelebihan berat badan.

Hal ini akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 5 Minuman Tradisional Khas Jabar yang Enak dan Sehat

Sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Tentu dampaknya tubuh menjadi gemuk.

Jika kamu ingin kurus atau menjalankan diet sehat, maka harus dapat memilih makanan diet yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Makanan untuk diet

Dilansir dari laman Universitas Medan Area (UMA), ini 5 makanan untuk diet sehat:

1. Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Anda dalam menurunkan timbangan berat badan. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat.

Serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Ini artinya, Anda bisa jadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Apel juga punya tingkat indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi Anda yang memiliki diabetes, namun ingin mengendalikan berat badan.

Baca juga: Tips Olahraga yang Tepat Saat Pandemi dari Stikes Panti Kosala

2. Putih telur

Banyak binaragawan yang memakan putih telur sebagai menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi protein namun rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com