Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2022, 14:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi siswa atau mahasiswa, memiliki tubuh ideal tentu sangat diidamkan. Meski demikian, tubuh ideal tak bisa didapatkan dengan cara yang mudah.

Selain rajin berolahraga, seseorang juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Sebab jika tak dapat menjaganya maka bisa kelebihan berat badan.

Hal ini akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 5 Minuman Tradisional Khas Jabar yang Enak dan Sehat

Sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Tentu dampaknya tubuh menjadi gemuk.

Jika kamu ingin kurus atau menjalankan diet sehat, maka harus dapat memilih makanan diet yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Makanan untuk diet

Dilansir dari laman Universitas Medan Area (UMA), ini 5 makanan untuk diet sehat:

1. Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Anda dalam menurunkan timbangan berat badan. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat.

Serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Ini artinya, Anda bisa jadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Apel juga punya tingkat indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi Anda yang memiliki diabetes, namun ingin mengendalikan berat badan.

Baca juga: Tips Olahraga yang Tepat Saat Pandemi dari Stikes Panti Kosala

2. Putih telur

Banyak binaragawan yang memakan putih telur sebagai menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi protein namun rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Sebab, dalam 100 gram putih telur saja terdapat protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, Anda tak perlu khawatir makanan ini akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh.

Ditambah lagi, makanan diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik, karena tak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur.

Walaupun rendah lemak, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan ya. Jangan lupa, variasikan putih telur dengan menu diet sehat lainnya agar asupan nutrisi Anda tetap terpenuhi.

3. Brokoli

Sayuran brokoli bisa sebagai salah satu makanan diet sehat. Hal ini karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Bayangkan, satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu Anda kenyang seharian.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Manfaat Temulawak bagi Tubuh

Pada orang dengan diabetes, sayur jenis ini mampu membantu mengendalikan kadar gula darah. Jadi, makan brokoli sebanyak-banyaknya juga tidak akan bikin gula darah Anda naik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com