Kompas.com - 10/03/2022, 08:44 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam menyiapkan dokumen lamaran kerja, seseorang juga harus memperhatikan satu hal. Apa itu? Ternyata ini adalah sesuatu yang cukup simpel, yakni foto.

Apakah foto itu penting? Ternyata di mata HRD, foto yang profesional itu adalah satu cara untuk bisa membuat kesan baik HRD. Sebab, foto lamaran juga bisa menjadi first impression HRD terhadap diri pelamar.

Jadi, jangan sampai hanya karena foto kamu akhirnya tak bisa mendapat pekerjaan impian. Terlebih bagi para lulusan baru (fresh graduate), hal ini harus dipahami.

Baca juga: Begini 7 Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja dari KitaLulus

Dilansir dari laman KitaLulus, ini manfaat foto lamaran yang baik:

1. Sebagai personal branding

Di dalam surat lamaran kerja, kamu juga harus mencantumkan foto diri. Ini adalah salah satu upaya untuk personal branding. Ada hasil riset menunjukkan bahwa foto bisa bangun kepercayaan dan kredibilitas pelamar.

Tak hanya itu, memasang foto di LinkedIn, CV, portofolio, dan resume juga dapat menunjukkan citra profesional yang konsisten seseorang.

2. Gambar lebih menarik dari tulisan

Sama halnya dengan foto, orang akan lebih tertarik pada visual dari pada tulisan. Jika foto menarik dan rapi, HRD akan tertarik. Bahkan kamu bisa tampak profesional.

3. Perusahaan mengutamakan foto

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.