Kompas.com - 04/04/2022, 14:21 WIB
|

KOMPAS.com - Menjadi anak kos tentu harus disiplin. Salah satunya dalam mengatur keuangan. Sebab, bagi yang masih bergantung uang dari orangtua tentu harus dapat menggunakan uang dengan baik.

Jangan sampai uang menipis belum pada waktunya. Atau ketika punya kebutuhan mendadak, kamu sebagai mahasiswa rantau tak punya uang.

Apakah kamu sebagai mahasiswa rantau atau anak kos pernah mengalami hal itu? Meski sepele tetapi ini bisa membuat pusing ketika berbicara duniakuliah.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 Alasan Kenapa Memilih Jurusan Sistem Informasi

Terkadang, kita sebagai mahasiswa kurang bisa merencanakan keuangan dan akhirnya di setiap penghujung bulan selalu mengeluh karena “kanker” alias kantong kering.

Melansir laman Universitas Brawijaya (UB), berikut ini cara hemat ala anak kos:

1. Kalkulasi uang dari ortu

Jika kamu setiap bulan dapat jatah uang jajan dari ortu, otomatis dari uang tersebut akan kita gunakan untuk semua kebutuhan kita dalam jangka waktu 1 bulan.

Maka dari itu mulai dengan menghitung kebutuhan makan, setelah itu diikuti kebutuhan lain seperti refreshing, transport untuk yang menggunakan kendaraan dari tempat kos, dan terutama untuk fotokopi.

Perhitungannya mulai dengan bagi menjadi persen-persen. Untuk yang tidak memakai kendaraan, perbandingannya 80 persen makan dan 20 persen sisa kebutuhan.

Sedangkan untuk yang memakai transport usahakan sehemat mungkin untuk menggunakan kendaraan jadi kebutuhan makan tidak terganggu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.