Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Mengenal Kecerdasan Emosional

Kompas.com - 10/06/2022, 13:32 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.COM - Sudah tahukah kamu perbedaan kecerdasan emosional dan intelektual? Seperti apa contoh kecerdasan emosional dan intelektual?

Dalam kehidupan sehari-hari maupun karier, tak hanya kecerdasan intelektual (Intellectual Quotation) saja yang diperlukan, tetapi juga kecerdasan emosional (Emotional Quotation).

Bahkan menurut beberapa psikolog, kecerdasan emosional dapat menjadi lebih penting dibandingkan intelektual semata dalam meraih kesuksesan.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas pengertian dan contoh kecerdasan emosional, sekaligus bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional kamu.

Tiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Mereka dengan kecerdasan emosional yang tinggi, akan menampilkan beberapa karakteristik yang dapat dirasakan oleh orang lain di sekelilingnya.

Tak hanya dapat mengekspresikan dan mengontrol emosinya dengan baik, orang yang cerdas secara emosional juga mampu memahami, mengartikan, dan merespon emosi orang lain dengan baik.

Pengertian Kecerdasan Emosi

Mengutip Healthcare, pengertian dari kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk merasakan, mengekspresikan, memahami, dan mengelola emosi. Istilah kecerdasan emosional muncul pertama kali pada tahun 1985 dalam sebuah disertasi doktoral oleh Wayne Payne.

Sejak itu, konsep kecerdasan emosional menarik perhatian komunitas sains dan khalayak umum karena penerapannya yang mudah dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Istilah ini semakin populer di tahun 90-an dengan hadirnya buku "Emotional Intelligence" karya Daniel Goleman. Dalam buku ini dijabarkan lima komponen kunci kecerdasan emosi yang tinggi, yaitu kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan kemampuan bersosialisasi.

1. Kesadaran diri (self-awareness)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.