Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Kenali Tanda-Tanda Quarter Life Crisis

Kompas.com - 10/06/2022, 12:37 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Kompas.comQuarter life crisis artinya masa-masa kritis yang mungkin dialami hampir semua orang dalam hidupnya. Ada yang mengalaminya lebih cepat dan ada yang sedikit lebih lama.

Quarter life crisis dianggap sebagai salah satu fase menuju kedewasaan. Namun, apa itu quarter life crisis? Mengapa momen-momen ini sangat penting untuk menentukan kehidupan kita yang stabil nantinya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di sini!

Definisi Quarter Life Crisis

Quarter life crisis merupakan salah satu istilah dalam bidang ilmu psikologi yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang.

Quarter life crisis artinya fase di mana seseorang memiliki kondisi yang tidak stabil yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan pola pikir yang berkaitan dengan masa depan dan kualitas hidup dalam berbagai bidang seperti karier, percintaan, keuangan, kehidupan sosial, dan lainnya.

Dikutip dari jurnal Barley University, quarter life crisis merupakan fase di mana seseorang tidak siap atau tidak memiliki rencana matang dalam menentukan tujuan atau target hidup.

Kegalauan tersebut akhirnya menimbulkan perasaan terisolasi, emosional, meragukan kemampuan sendiri dan takut gagal.

Tidak jarang jika fase ini sampai membawa seseorang untuk mempertanyakan eksistensi sebagai manusia hingga merasa tidak memiliki tujuan hidup. Umumnya, fase ini akan dialami oleh orang yang berusia 18 sampai 30 tahun. 

7 Tanda Kamu Mengalami Quarter Life Crisis

Ada ciri-ciri yang menunjukkan kamu sedang mengalami quarter life crisis, yaitu:

Baca juga: Mengenal Quarter Life Crisis Generasi Muda dan Kiat Menghadapinya

1. Iri dengan teman sebaya

Saat mengalami quarter life crisis artinya terkadang kamu punya perasaan iri ketika melihat kehidupan atau prestasi orang lain.

Kamu menganggap kehidupan teman sebaya atau rekan kantor kamu lebih baik, lebih indah, ataupun lebih mulus dibanding kehidupan kamu sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.