Kompas.com - 19/08/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Bahaya tidur pagi hari bagi tubuh, ternyata memiliki resiko yang sangat besar.

Padahal, tidur merupakan salah satu cara untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh. Beberapa orang yang begadang. semalaman dengan berbagai alasan seperti karena insomnia, menonton drama, dan mengerjakan tugas dapat membuat waktu tidur berkurang.

Akibatnya waktu di pagi hari digunakan untuk tidur, padahal jika terus dilakukan dapat meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan.

Dilansir dari laman ners Universitas Airlangga (Unair), bahaya tidur di pagi hari bagi tubuh menimbulkan 7 resiko penyakit. Apa saja? Ini daftarnya.

Bahaya tidur pagi bagi tubuh

1. Diabetes

Berdasarkan beberapa penelitian, kurang tidur di malam hari bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Risiko tersebut juga bisa terjadi jika terlalu banyak tidur.

Baca juga: Lampu Dimatikan Saat Tidur Cegah Kegemukan, Ini Kata Dosen UM Surabaya

Hal ini dikarenakan gangguan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin, sehingga kadar gula darah akan cenderung meningkat pada orang yang tidurnya bermasalah.

2. Obesitas atau kegemukan

Aktivitas tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat meningkatkan berat badan. Menurut beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur selama 7–8 jam sehari.

Hal ini diduga karena kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat, sehingga orang akan cenderung makan lebih banyak ketika kurang tidur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.