Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Bangun Pagi agar Tubuh Tetap Sehat

Kompas.com - 04/12/2022, 05:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di waktu pagi hari adalah waktu yang sangat baik bagi tubuh seseorang. Ini karena kesegaran udara di pagi hari masih segar dan sejuk.

Karena itu bisa lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka, seseorang harus paham cara bangun pagi yang tepat.

Sebab, tidak semua orang tahu bahwa bangun di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan imun tubuh, membuat napas lebih segar, mendapatkan vitamin D, dan lain sebagainya.

Semua manfaat itu hanya bisa dirasakan dan didapatkan pada waktu pagi hari. Oleh karena itu ada baiknya membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

Baca juga: Tips UMY: Ini 4 Cara agar Semangat Seharian Usai Bangun Pagi

Cara bangun pagi

Melansir laman Gramedia.com, berikut dijelaskan 7 cara bangun pagi agar tubuh tetap sehat yang cocok bagi siswa maupun mahasiswa.

1. Buang rasa malas

Bangun pagi maka harus semangat dan bisa membuang rasa malas untuk bangun pagi. Rasa malas ini bisa dikatakan sebagai penyebab diri kamu malas bangun di pagi hari.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari rasa malas bangun pagi dan membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

Untuk membuang rasa malas ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti tidak mengambil selimut ketika mata sudah melek, tidak main hp di atas kasur, dan yang terpenting adalah tidak kembali ke kasur setelah beranjak dari kasur.

2. Susun jadwal tidur dan bangun

Jika kamu bisa menjaga kualitas tidur, maka ketika bangun tubuh akan terasa lebih fit, dan konsentrasi lebih meningkat.

Oleh karena itu, buat jadwal tidur yang teratur dan cukup dapat membantu memudahkan diri kamu untuk tahu kapan waktu tidur dan kapan harus bangun pagi.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Ners Unair

3. Tidur yang efektif

Perlu diingat bahwa begadang tidak baik bagi kesehatan dan membuat jam tidur jadi tidak efektif. Jam tidur yang baik adalah pada awal-awal malam atau sekitar jam delapan malam.

Hal itu dikarenakan empedu aktif mulai aktif bekerja antara jam sebelas malam hingga jam satu dini hari, sedangkan, hati bekerja pada jam satu dini hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com