Permendikbud 7/2020, PTN dan PTS Bisa Dibubarkan jika...

Kompas.com - 01/02/2020, 15:30 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Dok. Jilan Rifai/Biro KSHM KemendikbudMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.


KOMPAS.com - Usai meluncurkan kebijakan " Kampus Merdeka" pada 24 Januari 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim langsung mengeluarkan Permendikbud.

Dalam Kampus Merdeka, terdapat empat penyesuaian kebijakan di lingkup pendidikan tinggi. Kebijakan ini juga sebagai kelanjutan dari konsep " Merdeka Belajar" yang diluncurkan akhir 2019.

Sedangkan di Permendikbud No 7 Tahun 2020 mengatur tentang pendirian, perubahan, pembubaran perguruan tinggi negeri (PTN), dan pendirian, perubahan, pencabutan izin perguruan tinggi swasta (PTS).

Baca juga: Pentingkah Akreditasi Prodi dan PT? Ini Penjelasan di Permendikbud 5/2020

Jadi, bagi kampus yang baik harus mentaati peraturan ini. Jika tidak, maka kampus negeri maupun swasta bakal dibubarkan atau dicabut izinnya.

4 alasan pembubaran PTN

Seperti pada permendikbud ini, pembubaran PTN diatur dalam pasal 20. Jika ingin tahu bagaimana PTN bisa dibubarkan, maka simak penjelasan yang dirangkum dari permendikbud ini.

PTN akan dibubarkan jika:

1. PTN dinyatakan tidak terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT);

2. Karena ada perubahan kebijakan Pemerintah Pusat dan/atau peraturan perundang-undangan;

3. Tidak lagi memenuhi syarat pendirian; dan/atau

4. Kampus bersangkutan dikenai Sanksi Administratif berat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X