Kebijakan Baru BOS, Benarkah Melepas Belenggu Sekolah?

Kompas.com - 19/02/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi. Proses Pembelajaran berbasis MiKIR yang dikembangkan Program Pintar Tanoto Foundation. DOK. TANOTO FOUNDATIONIlustrasi. Proses Pembelajaran berbasis MiKIR yang dikembangkan Program Pintar Tanoto Foundation.

Oleh: Robingah

KOMPAS.com - BOS (Bantuan Operasional Sekolah) datang, hati pun riang. Seperti itulah gambaran yang terjadi selama ini. BOS memang selalu dinanti kehadirannya. Apalagi ketika waktu telah menunjukkan pertengahan Triwulan.

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap awal tahun ajaran sekolah harus merencanakan segala sesuatu; sarana dan prasarana pembelajaran, termasuk berbagai kebutuhan operasional sekolah.

Sementara dana BOS kadang terlambat masuk ke rekening sekolah.

Kebutuhan yang mendesak sering tidak berbanding lurus dengan kenyataan bahwa dana BOS datang terlambat.

Belum lagi sistem pelaporan yang menyita waktu di tengah kesibukan guru bendahara BOS yang juga harus mengajar. Tak jarang guru bendahara BOS harus mengorbankan tugas mengajarnya demi menyusun laporan.

Keterlambatan dana BOS masuk ke rekening sekolah salah satunya akibat rantai penyaluran yang panjang, harus melalui rekening pemerintah daerah sebelum masuk ke rekening sekolah.

Di satu sisi penyaluran melalui rekening daerah dapat memudahkan monitoring dan evaluasi pengelolaan dana BOS, namun pada di sisi lain tak jarang menimbulkan keterlambatan.

BOS dukung Merdeka Belajar

Penulis menyambut gembira Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim. Kebijakan merdeka belajar ternyata didukung kebijakan baru tentang penyaluran dana BOS 2020.

Seperti dikutip dalam berita Kompas.com Senin (10/2/2020), ada empat kebijakan baru terkait BOS.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X