Anak Suka Baca Dongeng? Ini 4 Manfaatnya

Kompas.com - 08/03/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|


KOMPAS.com - Membaca dongeng ternyata cukup asyik. Ada banyak cerita yang dapat menjadi bahan pelajaran atau bahkan pengetahuan kita. Tapi, apakah kamu suka baca dongeng?

Bagi anak sekolah tentu sering dibacakan dongeng oleh guru atau juga orangtuanya. Jika kamu suka baca dongeng atau dibacakan cerita dongeng, pasti akan terhibur.

Ada banyak kisah yang seru dan memiliki tokoh protagonis atau antagonis yang membuat jalan cerita bisa semakin seru untuk diikuti.

Biasanya, kita akan diajak untuk masuk ke dalam dunia dongeng dan berpetualang bersama tokoh-tokoh di sana tersebut.

Baca juga: Ingin Kenal Budaya Negara Lain? Yuk Baca Dongeng

Apalagi, kisah-kisah dongeng biasanya menyajikan cerita fantasi, baik itu tentang putri dari kerajaan maupun kisah hewan-hewan yang bisa bicara.

Ternyata membaca ataupun mendengarkan dongeng itu ada manfaatnya. Selain jadi sarana hiburan, ini ada 4 manfaat baca dongeng:

1. Membiasakan budaya membaca

Saat orangtua membacakan dongeng di rumah untuk anaknya, itu adalah suatu kegiatan yang baik. Sebab, secara tidak langsung orangtua sedang memperkenalkan budaya membaca pada kita.

Jika kita terbiasa dibacakan dongeng, lama-lama kita juga jadi akan tertarik untuk membacanya sendiri sejak masih kecil.

Budaya membaca inilah yang menjadi sangat penting bagi kita di masa yang akan datang. Ini juga jadi bagian dari literasi.

2. Dapat nilai-nilai budi pekerti

Tidak hanya menjadi sarana hiburan saja, sebagian besar dongeng juga bisa menjadi alat belajar untuk kita semua.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X