UIN Walisongo Didorong Jadi Kampus Percontohan Riset Keislaman

Kompas.com - 21/07/2020, 16:48 WIB
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang diharapkan dapat menjadi kampus percontohan bagi pengembangan riset-riset terdepan berbasis keislaman. Dok. KemenagUniversitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang diharapkan dapat menjadi kampus percontohan bagi pengembangan riset-riset terdepan berbasis keislaman.

KOMPAS.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang diharapkan dapat menjadi kampus percontohan bagi pengembangan riset-riset terdepan berbasis keislaman.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Selly Andriany Gantina, saat berkunjung ke UIN Walisongo, Senin (20/7/2020), bersama 12 Anggota DPR lainnya.

Hasil riset, kata dia, juga harus diupayakan untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat lebih luas.

"Salah satu caranya dengan peningkatan anggaran riset. Peningkatan kualitas dan mutu riset perlu terus dilakukan," kata Selly, Senin (20/7/2020) seperti dirangkum dari laman Kementerian Agama RI (Kemenag).

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan Juli Cair Hari Ini, Berikut Jadwalnya

Dorongan itu sejalan dengan visi UIN Walisongo sebagai "Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban pada Tahun 2038."

"Jika ada orang bertanya, ini ada naskah bagus hasil penelitian pasti ditanya lembaganya apa. Makanya, saya akan support jika rencana-rencana peningkatan tridharma disampaikan dalam bagian roadmap 2038," ujarnya.

Untuk bisa menjadi pusat riset keislaman, Selly menyampaikan fokus riset UIN Walisongo perlu terus dibenahi.

"Para dosen, misalnya, ketika melakukan penelitian akan kesulitan jika diberikan jam mengajar yang banyak. Dengan demikian, Dosen akan fokus mencurahkan perhatiannya dalam aspek pengajaran," imbuhnya.

Anggota Komisi VIII Ali Taher pun mengatakan hal serupa. UIN Walisongo di usianya yang ke-50, menurutnya, masih perlu terus berbenah dalam berbagai hal.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

Pada 2045 atau pada 100 tahun Indonesia, kata dia, UIN Walisongo harus mampu masuk ke dalam kampus bereputasi dunia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X