Kompas.com - 14/09/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Saat menjadi pelajar ataupun mahasiswa, pasti sering mendengar belajar sistem kebut semalam. Hal ini biasanya jika pagi hari mau ada ujian, baru malam sebelumnya belajar.

Atau biasanya adalah belajar ketika mau ada ujian saja. Malam hari mempelajari satu mata pelajaran atau mata kuliah yang akan diujikan esok harinya.

Jika kalian pernah melakukan, itu adalah hal yang wajar. Tetapi, belajar sistem kebut semalam itu apakah efektif? Karena yang ada nanti malah badan menjadi drop.

Baca juga: Mahasiswa Baru, Lakukan Ini agar Percaya Diri Saat Kuliah

Hingga pada saat mengikuti ujian malah tidak fokus. Tentu hal ini tidak baik. Maka, sebaiknya belajar itu mempelajari sesuatu sedikit demi sedikit.

Belajar yang efektif

Lalu, bagaimana belajar yang efektif itu? Melansir akun Instagram Rencanamu.id, Sabtu (12/9/2020), ini penjelasannya:

1. Paling produktif di pagi hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut penelitian, waktu paling produktif untuk melakukan sesuatu adalah pukul 8 pagi sampai 2 siang. Kalau belajarnya baru tengah malam jadi mengantuk.

2. Perlu tidur

Ketika kamu kurang tidur maka bisa membuat kamu lebih susah untuk fokus. Apalagi, kalau kamu perlu mengerjakan tugas atau belajar yang perlu konsentrasi tinggi.

3. Lebih cepat lupa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.