KILAS

Pembelajaran Berkualitas Dibutuhkan untuk Bangun Kompetensi dan Keterampilan Abad 21

Kompas.com - 06/11/2020, 18:43 WIB
Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2020, Nahadi. DOK. Humas UPIGuru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2020, Nahadi.

KOMPAS.com – Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Profesor Nahadi menyatakan, memasuki era global di abad 21, perkembangan dunia menjadi sangat pesat dan berlangsung cepat.

Hal itu dapat memberikan peluang jika dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Tetapi juga bisa menjadi bencana jika tidak diantisipasi secara sistematis, terstruktur, dan terukur,” ujar Nahadi dalam pidato pengukuhan guru besar UPI Tahun 2020, Rabu (11/11/2020).

Nahadi sendiri secara resmi menjabat guru besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kimia melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147241/MPK/KP/2019 terhitung mulai Selasa (01/12/2019).

Baca juga: Dies Natalis UPI ke-66 : UPI Lebih Berprestasi dan Berinovasi di Masa Pandemi

Dalam menghadapi era global, Nahadi menjelaskan, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) tangguh yang memiliki sejumlah kompetensi dan keterampilan abad 21.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tujuannya agar dapat hidup survive atau bertahan di tengah perubahan yang begitu cepat dan unpredictable atau tidak dapat diprediksi ini,” kata Nahadi, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Nahadi, keterampilan pada abad 21 merupakan syarat penting yang harus dikuasai oleh setiap orang.

Dengan begitu, mereka akan berhasil dalam menghadapi tantangan, permasalahan, kehidupan, dan karir pada era tersebut.

Baca juga: Wisudawan UPI Gelombang III 2020 Diminta Berkontribusi pada Pendidikan Bangsa

National Education Association, kata Nahadi, telah mengidentifikasi keterampilan abad 21 sebagai keterampilan “The 4Cs.”

“The 4Cs tersebut meliputi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, berpikir kreatif, berkomunikasi dan berkolaborasi,” jelas Nahadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X