Kompas.com - 01/08/2021, 08:35 WIB
Ilustrasi berkendara atau riding. Dok. ShutterstockIlustrasi berkendara atau riding.
|

KOMPAS.com - Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, masyarakat membutuhkan kendaraan atau alat transportasi untuk bepergian.

Semakin sering digunakan, tentu Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diperlukan juga semakin banyak. Ternyata ada teknik berkendara yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM lho.

Namanya adalah eco driving. Mau tahu apa itu teknik eco driving dan penerapannya saat berkendara agar hemat BBM? Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Dirangkum dari kanal Youtube IPB TV, Sabtu (31/7/2021), perilaku saat berkendara dapat memengaruhi konsumsi BBM.

Baca juga: Guru Besar UNY Ungkap Manfaat Olahraga Saat Pandemi Covid-19

Teknik eco driving

Berkendara secara ugal-ugalan dan sembrono dapat membuat BBM cepat habis. Sehingga untuk menghemat BBM adalah dengan melakukan teknik eco driving.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eco driving merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien. Eco driving juga dapat berperan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya, karena pada praktiknya teknik ini mengutamakan keamanan pengendara.

Dosen Program Studi Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi IPB Nurul Jannah mengatakan, selain efisien, penerapan teknik eco driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas karbondioksida.

"Eco driving ini memang diharapkan untuk dapat menghemat semuanya dan juga nyaman. Jadi dari sisi keamanan, kenyamanan dan juga secara ekonomis karena dengan kita melakukan teknik eco driving itu otomatis kita melakukan efisiensi dan juga ramah lingkungan," papar Nurul Jannah.

Baca juga: Ingin Jadi Programmer? Ikuti Beasiswa Candradimuka Jabar Coding Camp

Menurut Nurul, ramah lingkungan dalam hal ini mengurangi konsumsi gas buang. Sehingga otomatis akan mengurangi jumlah polusi udara dan akan mengurangi pencemaran lingkungan.

"Hal ini berarti akan mengurangi kerusakan bumi tentunya bisa dikatakan lebih ramah lingkungan," tandas Nurul.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.