Kompas.com - 14/08/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXSIlustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.
|

KOMPAS.com - Siswa maupun mahasiswa masih harus ikut pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Karena sudah lebih dari setahun, tentu siswa merasa bosan ikut belajar dari rumah (BDR). Setiap hari, siswa harus duduk di depan gawai atau laptop (komputer).

Meski demikian, aktivitas belajar dari rumah tak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk rebahan, menonton televisi, dan lainnya.

Baca juga: Seperti Ini Contoh Pembelajaran Daring yang Menyenangkan

Agar tak bosan, maka siswa butuh tips. Melansir laman Rencanamu.id, berikut 6 tips membuat suasana belajar di rumah lebih menyenangkan:

1. Coba sediakan tempat yang nyaman

Karena di rumah, banyak dari kita memilih belajar sambil rebahan di kasur. Rebahan di kasur memang nyaman, tetapi nyaman untuk beristirahat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belajar sambil rebahan di kasur bisa membuat badan pegal dan konsentrasimu buyar. Kamu juga bisa malah tertidur saat belajar sambil rebahan.

Maka, plihlah tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk. Selain itu, sediakan meja yang posisinya tak terlalu rendah dan tinggi dari posisi dudukmu.

2. Harus sediakan alat-alat belajar

Bila kamu terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar kepada teman, saat ini siapkanlah sendiri alat-alat tersebut. Alat-alat yang mendukung belajar bisa membuatmu mudah untuk belajar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.