Kompas.com - 23/10/2021, 15:17 WIB
Ilustrasi osteoporosis, pengeroposan tulang. Hilangnya massa tulang penderita osteoporosis terjadi secara berkelanjutan dan dalam jangka panjang. ShutterstockIlustrasi osteoporosis, pengeroposan tulang. Hilangnya massa tulang penderita osteoporosis terjadi secara berkelanjutan dan dalam jangka panjang.
|

KOMPAS.com - Kini, kesehatan menjadi sangat penting bagi siapa saja. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, semua berusaha agar tetap sehat.

Tak hanya itu saja, sekarang kesehatan tulang juga dirasa penting. Sebab, osteoporosis kini juga dapat dialami oleh usia muda.

Demikian diungkapkan pakar dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Prof. Dr. Dwikora Novembri Utomo, dr., Sp.OT(K).

Baca juga: Calon Wisudawan UNS Diberi Tips Membuat CV yang Baik

Dia mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan tulang sejak usia muda. Pasalnya, tidak hanya lansia yang dapat terkena osteoporosis.

Menurut pakar yang juga bergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia (PABOI), osteoporosis umumnya memang menyerang orang lanjut usia, tetapi orang berusia muda juga dapat mengalami osteoporosis.

Ini faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Wanita, disebabkan pada lansia terjadi penurunan kadar hormon estrogen yang berperan dalam pembentukan tulang.

2. Riwayat keluarga dengan osteoporosis (genetik)

3. Ras tertentu (Asia dan Kaukasia)

Faktor risiko yang dapat dimodifikasi:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.