Kompas.com - 27/11/2021, 10:33 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Film animasi mempunyai penggemar di semua kalangan. Tak hanya anak-anak, faktanya juga banyak orang dewasa yang menyukai film animasi.

Film animasi merupakan film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar bergerak.

Selain dari segi gambar, cerita film animasi saat ini juga sangat menarik. Di balik film animasi, tentu ada tangan-tangan kreatif yang bekerja dari nol hingga menghasilkan suatu film.

Jika kamu tertarik membuat suatu film animasi, ada jurusan kuliah yang bisa mendukung impianmu itu lho.

Baca juga: Program Kampus Mengajar 3 Dibuka, Mahasiswa Yuk Daftar

Merangkum dari laman Ruang Guru, Jumat (26/11/2021), seperti disiplin ilmu lain yang terus berkembang, animasi kini menjadi suatu program studi yang memiliki dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game.

Pada peminatan film animasi biasanya mahasiswa lebih berfokus pada produksi film animasi. Sedangkan dalam peminatan animasi game, mahasiswa akan belajar mendesain suatu game dan berbagai macam karakter di dalamnya.

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menjadi salah satu kampus pertama yang memisahkan antara Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Animasi. ISI Yogyakarta mengelompokkan Animasi di dalam Fakultas Seni Media Rekam (FSMR).

Mata kuliah program studi Animasi

Jika memilih program studi Animasi, kamu akan belajar teknik pembuatan animasi mulai dari merancang karakter 2D dan 3D, membuat storyboard, menulis skenario, hingga video editing. Mahasiswa Animasi juga akan diajari cara menambahkan sound effects pada tampilan animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu tempuh di semester pertama dan kedua selama kuliah di program studi Animasi antara lain:

  • Menggambar dan Ilustrasi
  • Dasar Animasi
  • Desain Elementer
  • Dasar Game
  • Penceritaan dan Penyutradaraan
  • Desain Karakter
  • Rekaman dan Desain Suara.

Baca juga: Webinar IPB Bahas Mitigasi Pangan dalam Menghadapi Bencana Hidrologi

Kampus yang menyediakan program studi Animasi

Saat ini sudah banyak kampus negeri maupun swasta yang menyediakan program studi Animasi. Selain jenjang S1, program studi Animasi juga ada di jenjang D3. Berikut kampus negeri maupun swasta yang memiliki program studi Animasi:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.