Kompas.com - 17/04/2022, 05:27 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, umat Islam masih menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2022. Tentu, puasa masih dalam masa pandemi Covid-19.

Meski demikian, aktivitas fisik tetap harus dilakukan. Salah satunya ialah dengan berolahraga. Tentu agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Tapi, di sisi lain ada banyak manfaat olahraga saat puasa. Apa saja itu? Salah satunya ialah daya tahan tubuh tetap terjaga.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Dilansir dari laman Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Unesa, Kunjung Ashadi memberikan penjelasan manfaat olahraga saat puasa.

Manfaat olahraga saat puasa

1. Daya tahan tubuh terjaga

Pada masa pandemi sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh menjadi sangat penting. Seringkali, karena perut kosong, kondisi cenderung lemas ditambah beban kerja membuat seseorang rentan stres.

Tak hanya itu, beban pikiran maupun psikologis sangat berisiko terhadap turunnya daya tahan tubuh. Maka, olahraga dapat mengurangi beban pikiran dan psikologis.

"Kalau lagi capek bekerja ditambah lapar dan haus, sebagian besar orang memang gampang stres. Ini bisa membuat daya tahan tubuh lemah dan jadi rentan terkena penyakit atau virus," ujarnya dikutip dari laman Unesa.

2. Badan menjadi fresh

Selain itu, manfaat olahraga saat puasa yakni bisa memperbagus mood dan menjaga stabilitas emosi. Selain itu, menjaga metabolisme tubuh dan membuat hormon bisa bekerja maksimal.

Baca juga: Buka Puasa Makan Junk Food, Ahli Gizi UM Surabaya Beberkan Akibatnya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.